Senin 04 Mar 2013 16:33 WIB

Lawan Arab Saudi, Pemain ISL Dipastikan Bela Timnas

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Piala Asia 2015
Foto: goal.com
Piala Asia 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisaris PT Liga Indonesia Harbiansyah Hanafiah memastikan para pemain Indonesia Super League (ISL) akan memperkuat timnas Indonesia dalam laga kedua kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/3). Kepastian itu setelah terbentuknya Badan Tim Nasional (BTN) untuk mengelola timnas.

Harbiansyah yang telah resmi menjadi Wakil Ketua BTN sebagai perwakilan dari pihak Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI), mengatakan telah berkomunikasi dengan klub-klub ISL ihwal pelepasan pemain ke timnas.

"Saya sudah berkomunikasi dengan klub. Mengenai pemain ISL, saya pastikan akan memenuhi panggilan timnas," kata Harbiansyah di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (4/3).

Harbiansyah mengaku akan segera menggelar pertemuan dengan jajaran pengurus PT Liga Indonesia selaku operator ISL. Pertemuan ini dilakukan untuk menyusun ulang jadwal kompetisi,  terutama untuk klub-klub yang para pemainnya dipanggil ke timnas.

"Ini penting agar klub tidak merasa dirugikan. Kasihan klub kalau tetap bertanding tanpa pemain andalannya karena pemain tersebut membela timnas,"

Dikatakan Harbiansyah, BTN akan memulai pemusatan latihan pada Kamis (7/3). Sebenarnya, ungkap Harbiansyah, jadwal ini dinilai terlalu panjang untuk sebuah pemusatan latihan. Terlebih kompetisi sedang berjalan. Namun hal tersebut harus dijalankan karena sesuai dengan kesepakatan antara PSSI dan BTN.

"Jadi, jadwal kompetisi yang akan menyesuaikan dengan jadwal pemusatan latihan," tambahnya.

Harbiansyah mengatakan, BTN menambah daftar pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan. Jika sebelumnya ada 37 pemain, kini BTN memanggil 58 pemain gabungan dari kompetisi ISL dan Indonesian Premier League (IPL). Berdasarkan daftar yang dirilis BTN, ada 25 pemain ISL yang dipanggil. Sisanya adalah pemain IPL. 

Para pemain bintang ISL seperti Sergio Van Dijk (Persib Bandung), Tantan (Sriwijaya FC), Patrich Wanggai (Persipura), dan Victor Igbonefo (Arema), diharapkan bisa memperkuat daya gedor Skuat Garuda. Sedangkan bintang IPL yang dipanggol beberapa diantaranya adalah Andik Vermansah (Persebaya) dan  Titus Bonai (Semen Padang).

"Pemanggilan dilakukan hari ini melalui PSSI. Kami juga akan terus aktif berkomunikasi langsung dengan klub," ujar Harbiansyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement