Kamis 07 Mar 2013 05:30 WIB

Barcelona Keberatan Sanksi Buat Victor Valdes

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Citra Listya Rini
Victor Valdes
Foto: AP/Siu Wu
Victor Valdes

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Komite Kompetisi Federasi Sepak bola Spanyol menjatuhkan sanksi bagi Victor Valdes. Penjaga gawang Barcelona itu menerima hukuman akibat kartu merah yang diterimanya dalam laga El Clasico, akhir pekan lalu.

Pada pertandingan lanjutan La Liga di Santiago Bernabeu itu, Barca menelan kekalahan 1-2 atas rival abadinya. Valdes terlihat berang seusai laga karena keputusan wasit yang tidak memberikan hadiah penalti bagi timnya di menit akhir. Ia melancarkan protes keras yang membuahkan kartu kuning kedua dan disusul dengan kartu merah.

Akibatnya, seperti dilansir laman resmi Barca, Rabu (6/3), Valdes mendapatkan hukuman empat kali larangan bertanding di kompetisi liga. Pihak Blaugrana tidak ingin begitu saja menerima hukuman Valdes.

Persoalannya, kiper berusia 31 tahun itu masih menjadi sosok sentral di bawah mistar gawang Barcelona sepanjang musim ini. Karena itu pihak klub berencana mengajukan keberatan pada federasi atas sanksi untuk kiper utamanya.

"Beberapa hari ke depan, bagian hukum kami akan mengajukan banding terkait putusan Komite Kompetisi Federasi Sepak bola Spanyol," berikut keterangan dalam laman resmi klub.

Sanksi larangan bertanding dalam empat laga dianggap terlalu berat untuk Valdes. Namun, andai langkah banding tidak membuahkan hasil, kiper jebolan akademi La Masia itu harus menerima dirinya tersisih sementara dari skuat Blaugrana.

Sesuai dengan hukumannya, Valdes tidak bisa turun dalam tiga laga kandang di Camp Nou melawan Deportivo La Coruna, Rayo Vallecano dan Mallorca. Satu laga lainnya saat skuat La Blaugrana bertandang ke markas Celta Vigo.

Kehilangan Valdes bisa memberikan kerugian besar bagi Barca. Hingga pertandingan liga ke-26, kiper berkepala plontos itu selalu menempati barisan starter timnya. Valdes mempunyai peran vital membantu La Blaugrana memuncaki klasemen sementara La Liga.

Peran penggawa tim nasional Spanyol itu masih sangat dibutuhkan untuk membuat Barca tetap kokoh di takhta klasemen. Apalagi Lionel Messi dkk saat ini tengah mengincar kebangkitan setelah menelan beberapa kekalahan menyakitkan belakangan ini di berbagai kompetisi.

Terlepas dari itu, Barca harus mempersiapkan diri dengan absennya Valdes. Kiper kedua Jose Manuel Pinto untuk sementara bisa menempati starter tim dalam laga kontra Deportivo, akhir pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement