Jumat 08 Mar 2013 06:00 WIB

Semen Padang dan Persipura Lepas Pemain Timnas Pertengahan Maret

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Logo Semen Padang FC
Foto: Wikipedia
Logo Semen Padang FC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub Indonesian Premier League (IPL) Semen Padang akhirnya memastikan melepas pemain untuk membela tim nasional Indonesia dalam laga kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi, Sabtu (23/3). Direktur Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Erizal Anwar membantah pihaknya telah melarang pemainnya ke timnas. Sebelumnya gencar diberitakan, tim berjuluk Kabau Sirah tidak akan melepas pemain karena padatnya jadwal.

"Dari dulu kami selalu lepas pemain. Begitu pun sekarang," kata Erizal ketika dihubungi Republika, Kamis (7/3).

Erizal mengatakan, manajemen Kabau Sirah hanya meminta pengertian dari PSSI lantaran tidak bisa mengirimkan pemain pada waktu yang telah ditentukan. Yakni Kamis (7/3), atau ketika timnas dijadwalkan menggelar latihan perdana. Semen Padang tidak bisa mengirimkan pemain tepat waktu karena sedang mengikuti pertandingan AFC Cup.

Pada Selasa (5/3), Semen Padang baru saja memetik kemenangan pada laga perdana AFC Cup melawan Singapore Armed Forced dengan skor 3-1. Selanjutnya, Titus Bonai dan kawan-kawan akan bertolak ke India pada Sabtu (9/3) untuk melakoni laga kedua AFC Cup melawan Churcill Brothers. Pertandingan ini akan digelar di Shri Shiv Chhatrapati Comlex, Selasa (12/3).

"Pemain akan kami lepas setelah selesai menjalani laga kedua AFC Cup di India," tambah Erizal.

Dijadwalkan, para penggawa Semen Padang kembali ke Tanah Air dua hari pascapertandingan. PSSI melalui Badan Tim Nasional (BTN) telah memanggil 58 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan, enam diantaranya adalah pemain Semen Padang. Yakni Jandia Eka Putra, Novan Setya, Syaifullah, Arif Nuansyah, Nur Iskandar, dan Titus Bonai. "

Kalau semua pemain berada dalam kondisi fit, tentu semuanya akan kami berikan ke timnas," katanya.

Klub raksasa Indonesia Super League (ISL), Persipura Jayapura, mengutarakan hal senada. Meski sudah mengonfirmasi akan melepas pemain ke timnas, tim berjuluk Mutiara Hitam baru bisa merealisasikannya pada pertengahan Maret. Sekretaris Umum Persipura Jayapura, Thamrin Sagala mengatakan, Persipura belum bisa melepas pemain dalam waktu dekat karena akan menjalani dua pertandingan tandang ISL ke Kalimantan.

Dalam tur Kalimantan tersebut, anak-anak asuh Jacksen Thiago akan melakoni pertandingan melawan Persisam Putra Samarinda pada Ahad (10/3), dan Mitra Kukar empat hari berselang. "Demi Merah Putih, kami komitmen untuk melepas pemain ke timnas.  Tapi kemungkinan baru akan dilakukan pada tanggal 15 atau 16 Maret setelah menjalani tur Kalimantan," kata Thamrin.

Selain Semen Padang, Persipura juga menjadi salah satu klub yang pemainnya paling banyak dipanggil timnas. Ada tujuh pemain Mutiara Hitam yang diproyeksikan membela skuat Garuda. Tujuh pemain itu adalah Boaz Solossa, Ferinando Pahabol, Ricardo Salampessy, Patrich Wanggai, Imanuel Wanggai, Ruben Zanadi, Ian Louis kabes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement