Ahad 10 Mar 2013 10:09 WIB

Hari Ini, Chelsea Berdiri

Rep: Angga Indrawan / Red: A.Syalaby Ichsan
Skuat Chelsea FC 2013
Foto: chelseafc.com
Skuat Chelsea FC 2013

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Henry Augustus "Gus" Mears, pebisnis sukses di Inggris (1873-1912), awalnya ingin turut memerhatikan dunia olahraga di tempat ia bermukim. Berbekal niat mulia itu, maka dibangunlah sebuah sentra olahraga.

 

Henry pun a membeli hamparan lahan di kawasan Stamford Bridge, London, pada kisaran tahun 1904. Selain untuk fasilitas olahraga pemuda setempat, rencananya tempat itu  akan ditawarkan menjadi markas dan stadion untuk klub sepak bola setempat, Fulham FC.

Sayangnya, tawaran itu ternyata tak membuat klub Fulham FC tertarik. Berkat penolakan itu, maka muncullah gagasan Gus Mears untuk membangun sebuah klub sepak bola sendiri.

Bersama rekan-rekan dan kolega bisnisnya, Gus Mears akhirnya meresmikan klub yang kemudian ia beri nama Chelsea FC. Peresmian klub tersebut  dilakukan hari ini 108 tahun yang lalu, atau tepatnya 10 Maret 1905 di salah satu pub di London, Rising Sun.

Chelsea FC langsung bergabung di Divisi II Liga Inggris pada tahun pertamanya. Chelsea sukses promosi dua tahun kemudian. Prestasi membanggakan pertamanya, adalah saat the Blues meraih gelar pada 1955. 

Kini Chelsea berkembang menjadi klub besar, terlebih saat diakuisisi oleh taipan asal Rusia, Roman Abramovich. Secara keseluruhan, raksasa London itu telah lima trofi Liga Primer, tujuh Piala FA, empat Piala Liga, dan satu Liga Champions yang diraihnya pada tahun lalu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement