Senin 11 Mar 2013 01:00 WIB

Laga Perdana Juventus

Rep: Umi Lailatul/ Red: Fernan Rahadi
Juventus FC
Foto: wallsave.com
Juventus FC

REPUBLIKA.CO.ID, TORINO -- Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Juventus. Pada 113 tahun lalu, atau tepatnya 11 Maret 1900, klub yang bermarkas di Juventus Arena itu menjalani debutnya di sebuah kompetisi. Juventus melakoni pertandingan resmi pertama melawan FBC Torinese di Stadion Campo Piazza d'armi.

Didirikan pada November 1897, Juventus baru resmi bergabung dalam kompetisi resmi selang tiga tahun kemudian. Klub Nyonya Tua itu akhirnya mengikuti kompetisi Kejuaraan Sepakbola Italia atau sekarang Liga Serie A dan menjalani laga perdana melawan Torinese.

Sayangnya, Juve gagal menorehkan catatan manis pada laga perdananya setelah kalah dari Torinese. Kekalahan perdana itu tak lantas membuat semangat klub Kota Torino itu mengendur. Selang beberapa hari kemudian, Juventus berhasil mencetak kemenangan atas Ginnatisca di Kejuaraan Sepakbola Italia.

Sayangnya, kemenangan itu tak bertahan lama. Juventus kembali dikalahkan Torinese 2-1 di laga lanjutan Kejuaraan Sepakbola Italia dan gagal meraih gelar juara Kejuaraan Sepakbola Italia untuk pertama kalinya di musim itu.

Gagal di laga perdana dan musim perdana, tak lantas membuat semangat Juve mengendur. Selang lima tahun kemudian atau tepatnya 1905, Nyonya Tua untuk pertama kalinya meraih gelar juara Kejuaraan Sepakbola Italia. Sejak saat itulah, Juventus menjelma sebagai salah satu klub tersukses di Italia bahkan dunia.

Hingga kini, Juventus telah mengoleksi 28 gelar juara Liga Serie A, sembilan gelar juara Coppa Italia, dua kali juara Liga Champions (1985, 1986), tiga kali juara UEFA Cup, dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement