Kamis 14 Mar 2013 20:21 WIB

Syamsidar Kaget dengan Pola Latihan Luis Blanco

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Hazliansyah
Syamsidar
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Syamsidar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiper Mitra Kukar, Syamsidar, mengaku kaget dengan pola latihan yang diterapkan pelatih timnas Luis Manuel Blanco. Menurutnya, Blanco sangat mengutamakan ketahanan fisik para pemain.

Meski baru bergabung, Syamsidar langsung diberikan porsi latihan berat oleh Blanco.

Blanco langsung menerapkan latihan 'Jump and Catch" kepada Samsidar. Pada sesi pertama, latihan yang mengasah kesigapan kiper dalam menangkap bola tersebut dilakukan dengan pola horizontal. Sambil berlari kecil, Blanco melepas bola untuk kemudian ditangkap Samsidar secara berulang-ulang.

Sesi terberat terlihat ketika Blanco membentuk segi empat dengan tiang. Diantara tiang itu terdapat tali yang saling mengikat setinggi lutut.

Syamsidar harus lebih dulu mengolongi tali sebelum menangkap bola dengan meloncat melewati tali tersebut. Pola latihan ini dilakukan secara berulang-ulang pada setiap sisi.

"Latihannya sangat berat. Baru kali ini dapat porsi latihan seperti ini. Apalagi saya baru datang," kata Syamsidar usai mengikuti latihan timnas di Stadion GBK, Kamis (14/3) petang.

Meski mengaku kewalahan, Syamsidar tidak mempermasalahkan pola latihan tersebut. Hal itu justru dianggapnya sangat positif untuk meningkatkan ketahanan fisik.

Syamsidar pun akan terus berjuang keras menjalani latihan agar terpilih menjadi skuat utama timnas. "Tadi mata sempat kunang-kunang ketika latihan. Tapi tidak masalah, semua ini demi timnas," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement