Rabu 20 Mar 2013 02:00 WIB

Oldham Miliki Manajer Termuda di Inggris

Rep: Angga Indrawan/ Red: Fernan Rahadi
Manajer Oldham Athletic, Lee Johnson.
Foto: bbc.co.uk
Manajer Oldham Athletic, Lee Johnson.

REPUBLIKA.CO.ID, BOUNDARY PARK -- Lee Johnson resmi dinobatkan sebagai menajer termuda yang ada di Liga Inggris. Predikat tersebut disandang Johnson usai resmi ditunjuk sebagai manajer baru klub League One, Oldham Athletic, Senin (18/3) waktu setempat.

Dilansir BBC Sport, Selasa (19/3). Johnson ditunjuk manajemen The Latics sebagai manajer di saat usianya masih menginjak 31 tahun 9 bulan 11 hari. Penunjukan ini secara resmi menyingkirkan manajer muda lainnya, Karl Robinson (32 tahun) yang ditunjuk sebagai manajer MK Dons pada 2010 silam.

Johnson dikontrak sebagai menajer dengan masa perjanjian dua tahun. Ia menggantikan Paul Dickov yang mengundurkan diri pada 3 Februari silam.

Johnson merupakan anak dari manajer klub Football League One, Yeovil Town, Gary Johnson. Artinya, sepasang ayah-anak ini akan 'berperang' dalam arena yang sama di kompetisi kasta ketiga di tanah Ratu Elizabeth tersebut. Kedua tim akan melakoni bentrokan pada 16 April mendatang.

"Saya sangat senang," kata Johnson kepada BBC Radio Manchester, Selasa (19/3). Ia mengatakan akan memberikan segalanya yang terbaik meski diakuinya masih minim pengalaman sebagai juru racik. "Saya akan berikan yang terbaik," tambah manajer yang ditunjuk usai menyingkirkkan 120 pelamar lainnya itu.

Johnson merupakan pemain yang mengawali karier sepak bola mudanya bersama Arsenal dan Watford pada musim 1997. Sempat menjadi pemain kunci di Yeovil Town pada 2001-2006, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini membantu Glovers naik kasta ke Football League pada tahun 2003 dan memenangkan gelar dua musim setelahnya.

Sempat menghabiskan enam musim bermain untuk Bristol City (2006-2012, pria kelahiran 7 Juni 1981 itu hijrah ke Skotlandia untuk membela klub Kilmarnock dan memenangkan Piala Liga pada Maret 2012.

Meski menjadi termuda di Inggris, namun predikat manajer termuda di Liga Primer Inggris saat ini masih dipegang pelatih Tottenham Hotspur, Andre Villas-Boas yang kini berusia 35 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement