Kamis 21 Mar 2013 09:31 WIB

Calon Bintang Timnas Indonesia: Hamka Hamzah

Hamka Hamzah saat berebut bola dengan Bambang Pamungkas.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Hamka Hamzah saat berebut bola dengan Bambang Pamungkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontroversial. Itulah sosok Hamka Hamzah, palang pintu klub Mitra Kutai Kartanegara. Meskipun demikian Hamka tetaplah Hamka, salah satu bek tengah terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Bersama Victor Igbonefo, M Roby, dan Abdurrahman, pemain kelahiran Makassar 29 tahun lalu itu terpilih masuk ke dalam skuat berisi 28 pemain pilihan duet pelatih Rahmad Darmawan-Jacksen F. Tiago untuk laga kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi, Sabtu (23/3) nanti.

Dilihat dari penampilannya di lapangan, Hamka memang terkesan jauh dari kesan 'anak baik-baik'. Saat masih membela Persija Jakarta di awal karier sepak bolanya, Hamka dikenal dengan rambut berwarna emasnya bak artis Korea dengan anting-anting di kedua telinganya. Kini, penampilannya terkesan garang dengan rambut panjangnya yang diikat.

Penampilan tersebut ditunjang dengan gaya bermainnya yang keras dan disiplin. Dulu, Hamka adalah sosok yang temperamental. Namun kini kebiasaan buruk itu perlahan mulai hilang. Seiring bertambahnya umur, permainan Hamka kian matang saat mengawal lini belakang tim yang dibelanya meskipun tak menghilangkan sikap disiplin dan tak kenal kompromi.

 

Perilaku di luar lapangan pun tak jauh dari kontroversi. Sempat beberapa kali mengeluarkan pernyataan nyinyir di akun Twitter-nya, @hamkahamzah23, beberapa hari yang lalu ia juga dikabarkan berselisih dengan para pemain naturalisasi yang sama-sama mengikuti seleksi timnas.

Akan tetapi terlepas dari itu semua, Hamka adalah salah satu pemain berpengalaman yang dimiliki skuat Garuda. Bersama Ponaryo Astaman, Firman Utina, dan Boaz Solossa, pemain binaan PSM Makassar itu adalah pemain paling senior yang dimiliki timnas saat ini. Tercatat, ia sudah membela Garuda sejak Piala Tiger 2004 silam.

Pengalaman itulah yang tampaknya dibutuhkan duet Rahmad-Jacksen untuk mengawal pertahanan Indonesia pada laga melawan Saudi nanti. "Harus diakui ia adalah pemain bagus yang butuh diberi kepercayaan," ujar Jacksen yang merupakan mantan pelatihnya saat Hamka membela Persipura.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement