Kamis 21 Mar 2013 15:37 WIB

Calon Bintang Timnas Indonesia: Ahmad Bustomi

Ahmad Bustomi
Foto: FOTO ANTARA/Syaiful Arif/Koz/mes/13.
Ahmad Bustomi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bicara pemain berposisi deep-lying playmaker di Indonesia rasanya tak banyak yang mudah diingat usai era Bima Sakti Tukiman. Jika pun ada, maka pemain itu adalah pemain Mitra Kutai Kartanegara yang mengidolakannya, Ahmad Bustomi.

Meskipun agak telat memulai kariernya di timnas senior, yakni di usia yang telah menginjak 25 tahun, permainan Bustomi telah membuat sebagian besar suporter timnas jatuh hati. Banyak orang terkagum-kagum akan talenta pemain asal Malang, Jawa Timur, itu saat melakoni debutnya di Piala AFF 2010 lalu.

Meskipun AFF 2010 adalah turnamen perdananya, ia mampu tampil apik dan padu di lini tengah bersama seniornya, Firman Utina. Indonesia pun dibawanya ke final. Sayang, di partai puncak, skuat Garuda harus tumbang dari timnas Malaysia dengan skor agregat 4-2.

Sebenarnya, sebelum memperkuat senior timnas nama Bustomi sudah cukup bersinar, baik di timnas U-23 maupun di klub Arema Indonesia. Pemain dengan nama panggilan Tomi itu masuk dalam skuat Timnas U-23 Asian Games, SEA Games, dan Pra Olimpiade yang sempat berlatih ke Belanda dan Argentina.

Sedangkan di level klub, Arema pernah dibawanya menjadi juara pada musim 2009/2010 dan menjadi runner-up setahun kemudian. Ia juga membawa tim berjuluk Singo Edan itu menjadi finalis Piala Indonesia pada 2010.

Mulai musim ini, Bustomi pindah ke klub Mitra Kukar. Klub berjuluk Naga Mekes itu pun dibawanya merangsek ke papan atas Indonesia Super League (ISL), yakni di posisi ketiga di bawah Persipura Jayapura dan Arema Indonesia.

Keberhasilan Mitra Kukar masuk jajaran klub top di Indonesia tak lepas dari jasa Bustomi. Terbukti, pada bulan Januari dan Februari secara berturut-turut pemain yang sempat dikait-kaitkan dengan klub Jepang Omiya Ardija itu selalu masuk ke dalam 'The Best Starting IX'.

Maka wajar jika pada partai kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi di Stadion Gelora Bung Karno nanti Bustomi berpeluang dipasang sebagai starter oleh duet pelatih Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago. Hal tersebut sudah terpantau pada latihan Rabu (20/3) sore lalu dimana ia diduetkan dengan gelandang Persipura Imanuel Wanggai.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement