Sabtu 23 Mar 2013 20:01 WIB

Malam Spesial Jerman dan Lukas Podolski

Rep: Angga Indrawan/ Red: Mansyur Faqih
 Lukas Podolski
Foto: Reuters/Eddie Keogh
Lukas Podolski

REPUBLIKA.CO.ID, ASTANA -- Lukas Podolski sukses menyejajarkan dirinya dengan legenda hidup Jerman, Jurgen Klinsmann. Podolski masuk dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak untuk tim nasional Jerman. Laga kualifikasi Piala Dunia zona Eropa grup C melawan Kazakhstan, Sabtu (24/3) dini hari WIB, merupakan penampilan ke-108 Podolski untuk tim Panser.

Catatan spesial gelandang striker Arsenal itu, sekaligus melengkapi kemenangan Jerman, 3-0 di Astana-Arena. Podolski sejajar dengan Klinsmann di posisi ke tiga pemegang caps terbanyak sepanjang sejarah timnas. Namun, peringkat pertama masih dipegang Lothar Matthaus dengan 150 penampilan. Sementara itu, posisi kedua dihuni Miroslav Klose dengan 126 penampilan.

"Podolski kini berbagai tempat dengan Klinsman di peringkat ke tiga," tulis pernyataan resmi Asioasiasi Sepak Bola Jerman (DFB), Sabtu (24/3).

Podolski sendiri awalnya tak diturunkan sebagai starter dalam laga tersebut. gelandang 27 tahun itu diturunkan sang pelatih, Joachim Loew, menggantikan Julian Draxler yang ditarik keluar pada menit ke-19. Jerman melakoni laga dengan penampilan impresif. Tiga gol tanpa balas skuat asuhan Joachim Loew dicetak atas nama Bastian Schweinsteiger (menit ke-20) dan Mario Goetze (menit ke-22). 

 

Sementara itu, Thomas Muller melengkapi perayaan di Astana Arena melalui golnya yang dicetak pada menit ke-74. Layaknya laga beda kelas, Jerman menguasai ball possession hingga 76 persen lebih ketimbang tuan rumah. Pelatih Jerman, Joachim Loew mengaku bangga dengan penampilan yang disajikan anak asuhnya.

Menurutnya, kemenangan ini sudah menjadi harga wajib. Selain lantaran harus berbagi poin dalam laga terakhirnya usai ditahan imbang 4-4 oleh Swedia, di atas kertas skuatnya memang lebih diunggulkan atas Kazakhtan. "Kami kembali ke jalur kemenangan, Ini adalah tugas yang sudah semestinya kami kerjakan," kata Loew kepada kepada ZDF tV selepas laga. Bahkan, pelatih 55 tahun itu mengaku bisa saja timnya lebih banyak mencetak gol. Sebab, Loew mengaku menginstruksikan anak asuhnya untuk menurunkan tempo permainan usai unggul dua gol pada babak pertama.

Daftar Pemegang caps Jerman

1. Lothar Matthaus 150

2. Miroslav Klose 126

3. Jurgen Klinsmann 108

3. Lukas Podolski 108

5. Jurgen Kohler 105

6. Franz Beckenbauer 103

7. Joachim Streich 102

8. Thomas Habler 101

9. Hans-Jürgen Dorner 100

9. Ulf Kirsten 100

(Sumber DFB dilansir Sport1.de)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement