Senin 25 Mar 2013 07:43 WIB

Pelatih DC United: Ini Fase Sulit

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Fernan Rahadi
Ben Olsen
Foto: AP
Ben Olsen

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- DC United (DCU) mengawali musim Major League Soccer (MLS) 2013 dengan hasil kurang memuaskan. Dalam empat pertandingan awalnya, skuat Hitam-Merah hanya bisa meraih satu kemenangan dan sudah dua kali menelan kekalahan.

Pada pertandingan terakhir, DCU harus tumbang saat menjamu Columbus Crew, Ahad (24/3) WIB dini hari. Pelatih DCU, Ben Olsen, tidak mengelak timnya tengah menjalani fase menyulitkan. Ia melihat Dwayne De Rosario dkk belum menemukan performa terbaiknya.

"Saya tidak menyukai apa yang terjadi saat ini, khusunya pada dua laga terakhir," kata Olsen seusai laga seperti dilansir laman resmi klub.

Selepas meraih kemenangan atas Real Salt Lake, dua pekan lalu, DCU kemudian bermain imbang tanpa gol di kandang New York Red Bulls. Hasil itu disusul kekalahan atas Columbus. De Rosario dkk tidak mampu memanfaatkan keuntungan dengan bermain di kandang sendiri.

Catatan 19 laga tak terkalahkan skuat Hitam-Merah di Stadion RFK, sejak Maret lalu, pun akhirnya terhenti.Masalah penguasaan bola dan kualitas umpan kembali menjadi sorotan Olsen, meski DCU bisa meraih 58 persen jalannya bola dalam laga itu.

Juru taktik berusia 35 tahun itu masih melihat timnya belum menemukan sentuhan yang tepat. Karena itu, ia menegaskan, De Rosario dkk harus bekerja keras untuk membenahi permainannya sebelum laga melawan Sporting Kansas City, dua pekan mendatang.

"Kami harus segera bisa menemukan kembali bentuk permainan kami," kata pelatih yang mengangani DC sejak 2010 itu.

Kekalahan atas Columbus memupuskan ambisi DCU untuk mempertahankan catatan positif di Stadion RFK. Hasil itu juga sekaligus menunda target skuat Hitam-Merah untuk meraih kemenangan ke-300 sepanjang sejarah klub di berbagai kompetisi.

Raihan empat poin saat ini hanya membuat DCU berada di posisi keenam klasemen sementara Wilayah Timur. DCU sudah tertinggal delapan poin dari tim penghuni posisi pertama, Montreal Impact. DCU harus bisa lebih agresif dalam melakukan serangan.

Pekerjaan besar bagi para penggawa DCU untuk bisa menemukan kualitas permainannya sebelum laga melawan Sporting Kansas. Olsen berharap ada perubahan besar yang terjadi dalam timnya selama dua pekan ke depan untuk kembali ke jalur kemenangan. Sang pelatih juga tengah menunggu kondisi gelandangnya, Nick DeLeon, yang mengalami cedera hamstring dalam laga melawan Columbus.

"Tampaknya tidak bagus, tapi kami akan mengevaluasi kondisinya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement