Selasa 02 Apr 2013 06:54 WIB

Bepe: Nama Pamungkas di Kostum Timnas Jadi Pertanda

Bambang Pamungkas dikepung beberapa dua pemain Timor Leste.
Foto: Antarafoto
Bambang Pamungkas dikepung beberapa dua pemain Timor Leste.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bambang Pamungkas mundur dari kariernya di tim nasional Indonesia. Penyerang asal Klub Persija itu mengaku, sudah memberi pertanda saat mengenakan nama Pamungkas di kostum tim nasional ketika perhelatan Piala AFF 2012.

"Ketika itu pada detik-detik terakhir, saya memutuskan untuk menggunakan nama “PAMUNGKAS”, dari pada “BAMBANG” seperti yang biasa saya kenakan di jersey tim nasional saya,"ujar Bepe seperti dikutip dari blog pribadinya.

Bepe mengaku, hal tersebut bukan tanpa alasan. Dalam bahasa Indonesia, kata pamungkas memiliki arti menjadi yang terakhir. Begitu pula dengan perjalanan kariernya bersama tim nasional.

"Saat itu saya memutuskan bahwa pagelaran Piala AFF 2012 akan menjadi penampilan resmi terakhir saya, bersama tim nasional Indonesia,"ujarnya.

Bergabungnya Bepe ke timnas ketika itu bukan menjadi sebuah pilihan mudah. Lantaran, keputusan Bepe bertentangan dengan kebijakan  Persija Jakarta. Juga, institusi di mana klubnya berafiliasi, yakni Liga Super Indonesia dan KPSI.

"Banyak orang yang menganggap saya ingkar janji, tidak sedikit yang menganggap saya sebagai seorang penghianat,"jelasnya. Akan tetapi, Bepe mengungkap, selalu berusaha untuk berkata benar jika memang benar, dan mengatakan salah jika memang demikian adanya, dengan apa pun resikonya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement