Rabu 10 Apr 2013 15:52 WIB

Hari Ini, Klub Tertua di Italia Berdiri

Rep: Umi Lailatul/ Red: Fernan Rahadi
Genoa CFC
Foto: wallpaperfreepic.blogspot.com
Genoa CFC

REPUBLIKA.CO.ID, GENOA -- Tanggal 10 April menjadi hari tak terlupakan untuk klub Genoa Cricket and Football Club (CFC). Pada hari itu, atau 116 tahun yang lalu atau tepatnya 10 April 1897, klub yang bermarkas di Stadio Luiqi Ferraris itu terbentuk.

Genoa CFC didirikan oleh seorang ekspatriat Inggris penyuka sepak bola James Richardson Spensley. Genoa CFC merupakan pecahan dari klub olahraga Genoa Cricket and Athletic yang sudah didirikan pada 1893.

Genoa CFC  dibentuk sebagai ajang pembuktian bahwa sepak bola bisa diterima semua golongan. Maklum saja, sebelum pendirian klub ini, sepak bola lebih banyak dianggap sebagai olahraga kelas bawah di Genoa, Italia. Namun, semenjak pendirian klub ini anggapan itu perlahan mulai terkikis dan sepak bola mulai dicintai publik Genoa, Italia.

Pada awal pendiriannya, Genoa CFC hanya memainkan sepak bola bersama klub Torino Internazionale Torino and FCB Torinese yang berdiri pada 1894. Lakon ini pun akhirnya berakhir setelah Juventus berdiri pada 1 November 1897.

Sebagai klub paling veteran di Italia, prestasi Genoa tergolong cukup lumayan di awal-awal pendirian hingga 1996. Genoa tercatat telah meraih sembilan kali trofi Liga Serie A, Piala Italia 1936/1937, dua kali juara Coppa delle Alpi, juara Anglo-Italian Cup 1996, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, prestasi gemilang itu tak dapat bertahan pada saat ini. Kini, klub berjuluk I Rossoblu itu harus puas duduk di peringkat ke-19 klasemen sementara Liga Serie A dan masuk dalam zona degradasi. I Rossoblu  tercatat baru mengumpulkan 27 poin (enam kali menang, sembilan kali seri, dan enam kali kalah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement