Kamis 02 May 2013 07:51 WIB

Soal UN, DPR Tunggu Hasil Investigasi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Fernan Rahadi
 Sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama mengikuti Ujian Nasional yang dimulai hari ini di SMP Negeri 1 Jakarta Pusat, Senin (22/4).    (Republika/Adhi Wicaksono)
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama mengikuti Ujian Nasional yang dimulai hari ini di SMP Negeri 1 Jakarta Pusat, Senin (22/4). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR masih menunggu hasil investigasi di lapangan untuk memutuskan apakah Ujian Nasional (UN) akan diteruskan atau dihentikan. Menurut anggota Komisi X DPR RI Rully Chairul Azwar keputusan seperti itu tidak boleh dibuat dengan gegabah.

Berbagai laporan dan usulan dari pihak lain, ujar Rully, kan dijadikan masukan bagi DPR, termasuk menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh Kemendikbud terkait apa saja yang menyebabkan keterlambatan UN di Indonesia Tengah.

Menurut Rully, pelaksanaan UN harus dievaluasi seandainya terbukti tidak mampu meningkatkan mutu pendidikan. “Ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi,” ujar Rully, Kamis (2/5).

Terkait adanya permintaan UN dibubarkan, Rully meminta agar semua pihak menghadapi masalah UN ini dengan kepala dingin. "Anak-anak yang sudah ikut UN kasihan jika UN dibubarkan begitu saja. Oleh karena itu UN harus dievaluasi berdasarkan data dan riset, jangan hanya karena emosi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement