Senin 06 May 2013 20:00 WIB

Menpora: Atlet Harus Jadi Sarjana

Rep: Fenny Melisa/ Red: Karta Raharja Ucu
Roy Suryo
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo menyatakan, akan mensarjanakan atlet-atlet berprestasi. Menurutnya, gelar sarjana akan menjadi modal individual untuk meningkatkan kesejahteraan yang berkesinambungan bagi atlet yang bersangkutan.

"Atlet harus sarjana. Banyak atlet yang sudah pensiun tidak sejahtera karena tidak terurus pendidikan formalnya," kata Roy Suryo disela-sela Seminar Wisuda Periode II Tahap I di Universitas Terbuka (UT), Jakarta, Senin (6/5).

Sebagai bentuk konkritnya mensarjanakan atlet, Kemenpora akan bersinergi dengan UT. Roy yakin UT mampu menjadi 'golden bridge' kesuksesan dan kesejahteraan para atlet. "Kami berharap UT dapat berkolaborasi dengan Kemenpora mewujudkan cita-cita tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut Roy mengucapkan selamat kepada para wisudawan UT. Ia berpesan agar para lulusan UT mampu mengaplikasikan ilmunya bagi masyarakat.

Rektor UT, Tian Belawati mengatakan kerjasama antara Kemenpora dan UT masih akan dibicarakan lebih lanjut. Ia menuturkan UT memang dapat menjadi salah satu alternatif untuk melanjutkan pendidikan dengan efesien dan efektif.

Apalagi ia mengatakan sistem pembelajaran jarak jauh UT dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memungkinkan penyediaan pendidikan yang murah, berkualitas, dan menjangkau semua kalangan termasuk para atlet.

"UT merupakan salah satu contoh lembaga yang memanfaatkan TIK dalam penyelenggaraan pendidikan. UT mampu menyediakan layanan pendidikan yang mampu menjangkau semua kalangan masyarakat, termasuk atlet," jelas Tian.

Kehadiran UT yang memanfaatkan sistem belajar jarak jauh melalui pemanfaatk TIK, lanjut Tian, menunjukkan komitmen UT dalam penyediaan pendidikan secara adil dan merata. "Adil tanpa membedakan kelas sosial, merata dapat diikuti dari semua penjuru dunia," ujarnya.

Tian menambahkan ke depan UT akan terus meningkatkan layanan pendidikan dengan mengedepankan teknologi secara tepat guna agar secara terus menerus dapat menyediakan layanan pendidikan yang terjangkau dan sekaligus berkualitas.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement