Selasa 07 May 2013 09:57 WIB

Riise Pensiun dari Timnas Norwegia

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
John Arne Riise
Foto: fulhamchronicle.co.uk
John Arne Riise

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemain bertahan asal Norwegia, John Arne Riise, mengumumkan pengunduran dirinya dari timnas Norwegia. Ia akan berkonsentrasi pada kariernya di klubnya saat ini, Fulham.

Riise merupakan pemain yang paling banyak memperkuat timnas Norwegia. Selama 13 tahun kiprahnya bersama timnas Norwegia, pemain berusia 32 tahun itu telah bermain buat Norwegia dalam 110 pertandingan. Namun, catatan tersebut agaknya akan terhenti di angka 110.

Pasalnya, Riise secara resmi telah menyatakan mengundurkan diri dari timnas Norwegia. Surat pengunduran dirinya ini pun sudah dikirimkan mantan pemain Liverpool dan AS Roma itu kepada federasi sepak bola Norwegia. Riise pun mengaku telah meminta usul dan saran dari rekan-rekan dan keluarganya terkait keputusannya ini.

''Setelah mempertimbangkan cukup lama, saya memutuskan untuk tidak melanjutkan bermain buat timnas Norwegia,'' katanya dalam surat resminya, Selasa (7/5).

''Usia saya sudah tidak 19 tahun lagi, karena itu pembatasan waktu untuk bermain benar-benar dibutuhkan,'' kata eks bek AS Roma tersebut.

Menanggapi mundurnya Riise ini, pelatih timnas Norwegia, Egil Olsen, menghargai rencana Riise tersebut. Dia pun menyebut Riise sebagai salah satu pemain yang memberi teladan yang baik untuk pemain lainnya.

''Saya menghargai semua keputusan Riise dan ingin berterima kasih atas semua kontribusinya untuk timnas Norwegia,'' ujar Olsen di situs resmi Federasi sepak bola Norwegia.

Keputusan mundur Riise ini bisa dibilang bukan di saat yang tepat. Pasalnya, Norwegia tengah melakoni fase kualifikasi Piala Dunia 2014. Norwegia tinggal melakoni lima laga lagi untuk bisa memastikan nasibnya menuju Brasil 2014. Saat ini, Norwegia duduk di posisi keempat klasemen sementara grup E, fase kualifikasi zona UEFA. Norwegia hanya memiliki selisih lima angka dengan pemimpin klasemen, Swiss.

Debut Riise di timnas Norwegia adalah saat menghadapi Islandia pada Januari 2000. Gol pertamanya untuk Norwegia adalah saat menghadapi Turki di laga persahabatan pada tahun yang sama debutnya di timnas Norwegia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement