Senin 13 May 2013 00:18 WIB

Barcelona, Sang Penguasa Spanyol

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Skuat Barcelona 2013
Foto: barcelonapoint.com
Skuat Barcelona 2013

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA - Trofi La Liga akhirnya kembali menjadi milik Barcelona setelah musim lalu sempat mampir ke lemari Real Madrid. Kembalinya sang mahkota ke Stadion Camp Nou, jadi bukti Pasukan Katalan masih menjadi penguasa sepak bola Spanyol.

Era keemasan Barcelona sempat digadang-gadang mulai runtuh ketika Madrid sukses menjadi kampiun musim lalu. Supremasi pun diyakini bakal menjadi milik klub Ibu kota Spanyol itu setelah mengakhiri laju Barca yang sukses menjadi jawara tiga musim berturut-turut. Tapi semua itu tak terbukti. Barcelona masih menjadi tim paling perkasa di kancah sepak bola Spanyol setelah memastikan diri sebagai jawara musim ini.

Kepastian Los Cules meraih trofi tidak terlepas dengan hasil imbang 1-1 yang diraih Real Madrid saat bertandang ke markas Espanyol, Ahad (12/5) dinihari WIB. Madrid tak mungkin mampu mengejar selisih tujuh poin dengan Barcelona pada dua pertandingan tersisa, sementara Barca masih memiliki empat laga. Barca berada di puncak klasemen dengan torehan 88 poin. Adapun Madrid menempati urutan dua dengan koleksi 81 poin.

Ini adalah gelar liga ke-22 Barcelona. Atau menjadi gelar keempat dalam lima musim terakhir.  Pelatih Barcelona Tivo Vilanova mengatakan, anak-anak asuhnya memang sudah menunjukkan performa memukau sejak awal musim. "Seolah-olah kami sudah memenangkan gelar sejak itu," kata Vilanova dikutip dari Mundo Deportivo, Ahad (12/5).

 

Pada abad ke-21 ini, Barcelona memang terus menunjukkan dominasinya di La Liga. Sejak tahun 2000,  Blaugrana mengoleksi enam gelar, diikuti Madrid dengan koleksi lima gelar, Valencia (2), dan Deportivo La Coruna (1).

Dominasi Barca  menguat ketika berhasil meraih tiga kali juara berturut-turut dibawah pimpinan pelatih Joseph Guardiola. Era keemasan Barcelona dimulai ketika Guardiola mempersembahkan gelar liga pada musim 2008/2009. Blaugrana menjadi juara dengan raihan 87 poin dengan 27 kemenangan, enam imbang, dan lima kekalahan.

Musim selanjutnya, Barca semakin cemerlang ketika menjadi juara dengan total raihan 99 poin (31 W, 6 D, 1 L). Musim 2011/2012, Barca kembali mempertahankan gelar dengan 96 poin (30 W, 6 D, 3 L).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement