Rabu 22 May 2013 16:39 WIB

City Akan Main di MLS?

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Pemilik Manchester City Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan
Foto: guardian.co.uk
Pemilik Manchester City Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dengan dana yang diperkirakan mencapai 70 juta pound (Rp 1 triliun), pemilik Manchester City telah mencapai kesepakatan dengan salah satu tim Baseball asal New York, New York Yankees. Mereka akan membagun klub sepak bola berbasis di New York. Sebuah stadion baru juga akan dibangun untuk mendukung rencana ini.

Sebelumnya, sudah sempat terdengar kabar, pemilik Manchester City, Sheikh Mansour, tengah berencana untuk membeli salah satu tim yang berlaga di Major League Soccer (MLS). Ini merupakan kasta tertinggi kompetisi sepak bola di Amerika.

Seperti dikutip Daily Mail, alih-alih membeli tim yang sudah ada, taipan asal Abu Dhabi itu justru akan membangun klub baru. Kabarnya, Sheikh Mansour telah mensiapkan dana sebesar 70 juta pound (Rp 1 triliun) untuk membangun klub baru. 

Kesepakatan ini tercapai saat beberapa perwakilan Manchester City berkunjung ke New York, Selasa (21/5) waktu setempat. Pengumuman itu dilakukan di markas besar MLS, di Fifth Avenue.

Pola kerja sama tersebut, New York Yankees hanya akan menjadi investor. Sementara Manchester City tetap menjadi pemilik saham terbesar klub baru itu.

Rencananya, klub baru tersebut akan dinamakan New York City FC, dan akan menjadi klub ke-20 yang berpartisipasi di MLS. Namun, keikutsertaan tim itu baru akan dilakukan dua tahun ke depan, tepatnya 2015 mendatang. 

Selain itu, selama masa pengembangan, stadion baru juga akan dibuat di New York, tepatnya di distrik Queens. Dana yang dibutuhkan untuk membangun stadion baru itu diperkirakan mencapai 66 juta pound (Rp 966 miliar rupiah).

Untuk sementara, tim yang rencananya akan mengenakan warna seragam biru langit, sama seperti seragam Manchester City, itu akan mengenakan stadium sementara sebagai kandang mereka. Ini sebelum stadion markas mereka selesai dibuat. 

Manchester City pun telah menunjuk penanggung jawab untuk proyek besar ini, yaitu Ferran Sorriano. Sebelumnya, dia dikenal sebagai sosok yang berada di balik kesuksesan marketing Barcelona di era 2000-an.

Khusus untuk pembangunan tim, Soriano pun menyatakan, akan membangun semua aspek dari nol. Seperti pemilihan direktur olah raga dan penunjukan pelatih. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement