Rabu 29 May 2013 12:01 WIB

Beckham Ingin Dirikan Tim MLS di Miami

David Beckham menangis pada laga resmi terakhirnya.
Foto: espnfc.com
David Beckham menangis pada laga resmi terakhirnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SEPAK BOLA - MIAMI -- Mantan kapten tim Inggris David Beckham akan berkunjung ke Miami minggu ini untuk menjajaki keinginannya mendirikan tim Liga Mayor Sepak Bola (Major League Soccer/ MLS) di negara Paman Sam itu.

Beckham, yang pernah bermain di klub L.A. Galaxy pada kompetisi MLS, memiliki opsi untuk mendirikan salah satu tim di liga Amerika Utara. Lokasi markas tim yang akan dibangunnya masih belum pasti, tapi ia akan berada di kota Florida untuk melihat kemungkinan, kata mantan Walikota Miami, Manny Diaz.

"Ya ia akan datang. Kelihatannya amat memungkinkan untuk mendirikan tim di sini," kata Diaz, yang pernah ambil bagian dalam diskusi kemungkinan membangun tim MLS yang bermarkas di Miami, pada 2009.

Klub raksasa Spanyol Barcelona, bersama milyarder asal Miami Marcelo Claure dari Bolivia, mencoba mengawali pendirian tim itu tetap proyek itu ditunda karena "kondisi pasar yang tidak menentu."

Grup pendukung, menyebut dirinya dengan nama MLS Miami Bid, mengatakan kepada Reuters bahwa Claure merupakan salah satu pihak yang akan bertemu dengan Beckham dan mereka merencanakan menyaksikan pertandingan 'play-offs' NBA Miami Heat lawan Indiana Pacers, Kamis.

Julio Caballero, salah seorang pengurus MLS Miami Bid, mengatakan mereka akan menemui Beckham di lapangan Heat di American Airlines Arena.

Caballero menjelaskan, organisasinya yang memiliki anggota sebanyak 3.000 orang di Facebook, sudah dihubungi Claure dan mereka merencanakan akan melakukan semacam pertunjukan untuk memberitahukan kepada orang Inggris itu bahwa mereka sudah siap untuk membangun tim mereka.

Fanatik sepak bola, Claure, yang memiliki klub Boliviar Bolivia, tidak dapat dihubungi untuk dimintai keterangannya, sedangkan juru bicara Beckham menampik memberikan penjelasan.

Kontrak Beckham di Galaxy termasuk opsi 'franchise' senilai 25 juta dolar, jauh lebih sedikit dibanding 100 juta dolar yang dibayar. Manchester City dan New York Yankees ketika membangun tim baru, New York City FC, yang akan mengikuti kompetisi mulai 2015.

Klub New York akan menjadi tim ke-20 MLS daan diharapkan akan berkemang terus, setelah selama ini selalu tidak memiliki jadwal pasti kompetisi mereka. Beckham (38) mengumumkan pengunduran diri dari dunia sepak bola bulan ini dan ia sudah lama ingin memiliki sendiri tim MLS.

Para penasihatnya sudah berbicara dengan MLS dalam beberapa tahun ini dan liga menyatakan bahwa Miami merupakan salah satu tim yang mendapat perhatian mereka.

Atlanta, San Antonio dan San Diego merupakan kota lain yang tidak memiliki klub MLS dan mereka mungkin akan melakukan pendekatan juga kepada Beckham.

sumber : Antara/ Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement