Kamis 30 May 2013 04:35 WIB

Keajaiban Nottingham Forest di Piala Champions

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
Skuat Nottingham Forest yang merengkuh trofi Piala Champions 1979.
Foto: karebj.blogspot.com
Skuat Nottingham Forest yang merengkuh trofi Piala Champions 1979.

REPUBLIKA.CO.ID, NOTTINGHAM -- Buat pendukung Nottingham Forest, tanggal 30 Mei adalah tanggal keramat. Hari ini, 34 tahun lalu, tepatnya 30 Mei 1979, Nottingham Forest merengkuh gelar Piala Champions Eropa pertama mereka. Hebatnya, itu adalah musim debut mereka di Piala Champions. Adalah pelatih Brian Clough, yang berada di belakang kesuksesan Forest.

Trofi Piala Champions itu diraih Forest setelah mengakhiri perlawanan wakil Swedia, Malmo 1-0, dalam partai final yang digelar di Stadion Olimpiade, Muenchen. Gol kemenangan Forest diciptakan Trevor Francis, pemain yang didatangkan dengan nilai transfer 1 juta pound (Rp 14 miliar). Trevor mencetak gol lewat tandukan kepala pada menit-menit terakhir babak pertama dalam laga yang disaksikan 57 ribu orang tersebut.

Forest sukses melaju ke final setelah menyingkirkan Liverpool, AEK Athens, Grasshopper, dan Köln. Sementara Malmo, yang saat itu juga sebagai tim debutan di kancah kompetisi Eropa, melangkah ke final usai mengalahkan AS Monaco, Dynamo Kiev, Wisła Kraków, dan Austria Vienna.

Tidak cukup sampai disitu, Forest pun berhasil mempertahankan gelarnya pada Piala Champions musim berikutnya. Tim besutan Brian Clough itu sukses menghempaskan tim asal Jerman, Hamburg, 1-0. Saat itu, Nottingham Forest memang menciptakan kejutan terbesar dalam sejarah sepak bola, khususnya Liga Inggris dan kompetisi Eropa.

Sukses promosi dari divisi dua pada 1977, tidak perlu waktu lama buat Clough untuk mengantarkan Forest menjadi juara Divisi Satu. Hanya satu musim, mereka langsung menjadi juara divisi satu. Kesuksesan ini terus berlanjut hingga ke kancah kompetisi Eropa. Usai juara Piala Champions 1979, Peter Shilton dan kawan-kawan juga sukses meraih titel pada musim selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement