Selasa 04 Jun 2013 23:37 WIB

Kalahkan Irak, Oman Buka Peluang ke Final Piala Dunia

Nama resmi untuk maskot Piala Dunia 2014 adalah Fuleco.
Foto: FIFA
Nama resmi untuk maskot Piala Dunia 2014 adalah Fuleco.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Oman memperbesar peluang-peluang mereka untuk tampil di putaran final Piala Dunia melalui kemenangan 1-0 atas Irak di pertandingan kualifikasi pada Selasa.

Tandukan Ismail Al Ajmi menanduk tendangan penjuru menjelang turun minum, dan pertahanan ketat Oman menggagalkan Irak mencetak gol pada babak kedua untuk memaksa mereka tetap berada di dasar klasemen Grup B dengan koleksi lima angka dari enam pertandingan.

Oman meraih tiga angka, yang membuat para pendukung mereka di Kompleks Olahraga Sultan Qaboos di Muscat bergembira, untuk melompat ke peringkat kedua di grup di mana mereka masih harus memainkan satu pertandingan melawan Yordania.

Juara Asia Jepang, yang pada Selasa ini sudah terlebih dahulu menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final tahun depan di Brazil, memimpin grup dengan 13 angka, diikuti Oman yang mengoleksi sembilan angka.

Australia naik satu posisi di atas Yordania dengan selisih gol di mana kedua tim memiliki tujuh angka dan telah memainkan satu pertandingan lebih sedikit. Dua tim teratas grup lolos langsung ke putaran final.

Pada hari yang panas dan lembab di Muscat yang membuat para pemain perlu beberapa kali beristirahat untuk minum, kedua kiper tidak begitu sibuk pada 30 menit pertama di saat Oman dan Irak tidak mampu menciptakan peluang mencetak gol.

Irak akhirnya mampu melancarkan sejumlah serangan namun tidak ada yang berujung gol.

Upaya Ali Adnan dari garis pinggir melayang di atas mistar gawang, ketika kapten Younis Mahmoud mendapat umpan panjang ke dalam kotak penalti namun tidak mampu menaklukkan satu-satunya bek di antara dirinya dan kiper.

Oman bangkit setelah menit ke-30 namun penyerang sepakan overhead Abdul Aziz Mubarak dari jarak 16 meter melambung di atas mistar.

Irak meningkatkan serangan mereka juga dan Alaa Abdul Zahra yang tidak terkawal mendapat umpan silang panjang di dalam kotak penalti namun Raed Saleh, yang bersinar di pertahanan Oman, dapat menyapu bola.

Sebelum mereka dapat bernafas lega, pertahanan Oman kembali direpotkan oleh upaya Saif Salman dari jarak 25 meter yang tidak tepat sasaran.

Oman nyaris menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-68, namun tembakan mendatar Al Ajmi dapat diblok kiper Irak Noor Sabri.

Pemain pengganti Mustafa Kareem menyia-nyiakan peluang terakhir Irak untuk menyamakan kedudukan di masa tambahan waktu, ketika tembakannya mengarah lurus ke kiper Oman Faiyz Al Rusheidi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement