Kamis 06 Jun 2013 11:24 WIB

Ingin Tembus Piala Dunia 2014, Italia Harus Kalahkan Ceska

Gianluigi Buffon
Foto: fanpop.com
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA--Italia berambisi menembus final Piala Dunia  2014. Mereka mencoba memperbesar peluang memenangi spot kualifikasi Grup B dan mendapatkan tiket langsung ke Brazil saat mereka berhadapan dengan Republik Ceska di Praha pada Jumat (7/6).

Setelah melalui setengah perjalanan kualifikasi, Italia memuncaki puncak klasemen grup dengan 13 angka, unggul tiga angka atas Bulgaria, yang telah memainkan satu pertandingan lebih banyak. Sementara Republik Ceska baru mendapat delapan angka dari lima pertandingan.

Cuma, bila Ceska menang, maka  Italia berada di bawah tekanan, sebab tuan rumah hanya akan berjarak dua angka dengan sang pemimpin klasemen menjelang pertandingan mereka di Italia pada September.

"Republik Ceska adalah salah satu dari sejumlah tim yang perlu Anda taklukkan sebab mereka tidak pernah membuat Anda berada dalam situasi mudah. Jika kami pergi ke sana dan bermain di bawah standar, kami bisa kalah," kata kiper Italia Gianluigi Buffon kepada surat kabar Gazzetta dello Sport.

"Jika Anda memainkan pertandingan normal Anda mungkin mampu meraup nilai, namun kami ingin menampilkan performa papan atas sehingga kami dapat memperbesar jarak dengan para tim pengejar," kata Buffon, yang istrinya merupakan seorang mantan model asal Ceska

Skema Kekuatan

Italia, juara dunia di Jerman pada 2006, tidak akan diperkuat bek Genoa Luca Antonelli di Praha. Perannya digantikan pemain bertahan sarat pengalaman Juventus Andrea Barzagli.

Pelatih Cesare Prandelli akan mengandalkan juara Liga Italia Juventus di lini belakang, dengan kiper Buffon dan dua bek Barzagli dan Giorgio Chiellini kemungkinan besar menjadi pemain utama.

Di lini tengah, gelandang Juve Andrea Pirlo sangat cocok dengan posisinya, sedangkan pemain Milan Mario Balotelli kemungkinan besar akan memainkan peran utama di lini depan.

Republik Ceska, yang hanya mampu mencetak gol pada dua dari lima pertandingan grup mereka, akan kehilangan penyerang Watford Matej Vydra karena cedera.

Setelah hanya mencetak lima gol dari enam pertandingannya--setengah dari koleksi gol Italia--Ceska mungkin kian menyadari betapa pentingnya Vydra, sosok yang mencetak dua gol saat mereka menang 3-0 di Armenia pada pertandingan kualifikasi terakhir pada Maret.

Kemenangan itu menyelematakan pekerjaan pelatih yang tidak populer Michal Bilek, menyusul kekalahan 0-3 di kandang sendiri dari Denmark lima hari sebelumnya.

Ceska akan bergantung pada bahu kiper Chelsea, Petr Cech, dan gelandang Arsenal yang rawan cedera sekaligus kapten tim Tomas Rosicky.

"Pada situasi kami, kami harus berusaha untuk mengalahkan Italia," kata Rosicky kepada para wartawan. "Pengalaman memperlihatkan bahwa jika orang-orang tidak memberi harapan pada Anda, itu justru akan berbalik," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement