Ahad 09 Jun 2013 06:23 WIB

Phil Neville Umumkan Pensiun

Phil Neville
Foto: AP
Phil Neville

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Phil Neville mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola pada Ahad (9/6) dini hari WIB di usia 36 tahun. Selanjutnya ia akan merintis karier di bidang kepelatihan.

Sebelumnya, adik kandung Gary Neville itu mengakhiri kontraknya di Everton, klub yang dibelanya selama delapan tahun sejak pindah dari Manchester United 2005 lalu. Setelah itu ia sempat bimbang, namun pada akhirnya membulatkan niatnya untuk pensiun dari dunia yang membesarkan namanya tersebut.

"Ketika saya mengeluarkan pernyataan bahwa saya meninggalkan Everton, ke manapun saya pergi saya merasa orang-orang berkata, 'oh, Anda begitu brilian'," ucapnya kepada para wartawan di Piala Eropa U-21 di Israel.

"Saya tidak menyukainya, saya tidak ingin terlihat sebagai pencari perhatian. Di dalam hati, saya tahu saya tidak akan kembali bermain di level apapun. Saya hanya ingin merenung," kata Neville.

Neville, yang sedang membantu pelatih timnas Inggris U-21 Stuart Pearce di Kejuaraan Eropa, telah dihubung-hubungkan dengan pekerjaan sebagai asisten pelatih di United dan Everton.

Ia tidak meraih trofi apapun selama membela Everton. Akan tetapi  ia membantu United memenangi enam gelar Liga Primer Inggris, tiga Piala FA, dan Liga Champions 1999. Neville melakukan 59 laga internasional antara 1996 hingga 2007.

Kakak kandungnya Gary, yang hanya memperkuat United sepanjang kariernya telah bermain sebanyak 85 kali untuk Inggris dan telah pensiun sebagai pemain pada 2011. Gary sekarang merupakan anggota staf pelatih timnas Inggris Roy Hodgson.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement