Senin 10 Jun 2013 18:55 WIB

Pep Guardiola Belajar Bahasa Jerman

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
Pep Guardiola
Foto: Albert Gea/Reuters
Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Demi bisa menjawab semua pertanyaan dari media Jerman dan lebih mudah bersosialisasi dengan masyarakat Jerman, Pep Guardiola tengah belajar bahasa jerman. Pelatih yang akan menggantikan Jupp Heynckes sebagai pelatih Bayern Muenchen itu secara intensif belajar bahasa jerman sejak setengah tahun yang lalu.

Menurut Pere Guardiola, adik sekaligus agen Pep, mengungkapkan, kakaknya itu tengah mempersiapkan diri menukangi Die Roten. Pere pun mengungkapkan, Pep sangat obsesif dalam belajar bahasa jerman.

''Empat jam setiap hari. Hampir seperti orang stres. Bahkan, saat ada pertemuan keluarga, dia terus saja berbicara bahasa jerman dengan guru bahasanya,'' kata Pere kepada majalah asal Jerman, Spiegel, seperti dikutip Bundesliga.com.

Selama ini, Pep Guardiola menetap di New York. Mantan pelatih Barcelona itu pun terus mengasah kemampuan bahasa jermannya dengan bantuan seorang guru privat. Tujuan utama Pep, menurut Pere, adalah agar dia bisa menjawab semua pertanyaan media asal Jerman saat diperkenalkan untuk pertama kalinya sebagai pelatih Bayern Muenchen.

''Dia adalah orang yang keras kepala. Dia akan melakukannya dengan baik,'' tutur Pere. Rencananya, Guardiola akan diperkenalkan ke publik Jerman pada 26 Juni mendatang.

Selain fasih berbicara bahasa Catalan dan Castilla, Pep juga mampu berbicara dalam bahasa Inggris dan Italia. Kemampuan bahasa inggris, dia dapat saat belajar di Asrama Sekolah Katolik di Spanyol. Sementara, Pep mempelajari bahasa italia saat dia memperkuat tim asal negeri piza tersebut, Brescia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement