Jumat 14 Jun 2013 16:05 WIB

Hari Ini Tahun 2009, Spanyol Lampaui Rekor Magical Magyars

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
Euforia timnas Spanyol
Foto: dailymail
Euforia timnas Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, Buat timnas Spanyol, tanggal 14 Juni merupakan tanggal bersejarah. Empat tahun lalu, tepatnya 14 Juni 2009, Spanyol mencatatkan diri sebagai pemegang rekor tidak terkalahkan dalam 33 laga resmi.

Saat itu, Spanyol sukses mengalahkan Selandia Baru di ajang Piala Konfederasi 2009. Berkat kemenangan itu, La Furia Roja berhasil mematahkan rekor generasi emas Hongaria, atau biasa dikenal Magical Magyars.

Sebelumnya, tim Hungaria, yang dimotori oleh Ferenc Puskás, mampu mencetak rekor tidak terkalahkan dalam 32 laga. Rekor tidak terkalahkan Hungaria itu dimulai sejak Juni 1950 hingga Juni 1954. Dalam rentang waktu itu, Hungaria berhasil meraih medali emas Olimpiade 1952 cabang sepak bola dan menembus putaran final Piala Dunia 1954.

Spanyol memulai catatan impresif ini pada 2 Februari 2007, saat mengalahkan Inggris 1-0 di partai persahabatan di Manchester. Kemudian, Spanyol terus memperpanjang catatan tidak pernah kalah dengan menembus kualifikasi Piala Eropa 2008. Dalam turnamen itu, Spanyol akhirnya menjadi yang terbaik usai mengalahkan Jerman di partai final. Laga puncak Piala Eropa 2008 itu merupakan laga ke-22 Spanyol belum terkalahkan.

Selain mencatatkan rekor tidak pernah kalah dalam 33 laga, laga kontra Selandia Baru itu juga menorehkan sejarah tersendiri buat La Roja. Saat itu, Spanyol mampu menyarangkan lima gol ke gawang Selandia Baru. Itu merupakan skor tertinggi kedua mereka dalam rentang waktu tidak terkalahkan mereka.

Spanyol pun akhirnya mampu memperpanjang rekor tidak terkalahkan hingga partai ke-35, saat mampu menang dari Irak (1-0) dan Afrika Selatan (2-0). Namun, rekor fantastis Spanyol ini terhenti di fase semifinal Piala Konfederasi 2009, saat menyerah di tangan Amerika Serikat 0-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement