Kamis 20 Jun 2013 23:06 WIB

September, Lionel Messi Ditunggu di Persidangan

Lionel Messi
Foto: telegraph.co.uk
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Penyerang Argentina Lionel Messi dan ayahnya Jorge diperintahkan untuk menghadiri persidangan di pengadilan Barcelona bulan September mendatang. Para jaksa penuntut Spanyol menuduh kedua orangnya telah melakukan kecurangan pajak.

Sebelumnya, media Spanyol melaporkan bahwa hakim yang memeriksa telah menjatuhkan dakwaan resmi kepada pasangan ayah dan anak itu, namun surat perintah yang ada memperlihatkan bahwa kedua orang itu harus memberi kesaksian.

Hakim telah menerima keluhan dari penyelidik kasus pajak Katalunya, yang menuding pemain terbaik dunia yang bermain di Barcelona dan ayahnya itu mencurangi kantor pajak Spanyol sebesar lebih dari empat juta euro.

"Hakim telah menerima keluhan yang diserahkan oleh jaksa penuntut terhadap Lionel Messi dan Jorge Horacio Messi untuk tiga tuduhan kriminal terhadap otoritas pajak. Hakim meminta pihak tertuduh memberi kesaksian pada 17 September," demikian bunyi pernyataan pengadilan Barcelona, Kamis (20/6)

Pada sistem hukum Spanyol, jika hakim menentukan bahwa terdapat bukti-bukti yang cukup untuk menjatuhkan dakwaan, ia akan melakukannya dan kemudian memprosesnya dengan penyelidikan pra persidangan.Keluhan ini terkait dengan tiga periode pajak yakni pada 2007, 2008, dan 2009, kata pengadilan.

Dua pekan silam, kantor jaksa penuntut mengatakan pendapatan dari penjualan hak-hak citra Messi disembunyikan dari otoritas Spanyol melalui jaringan perusahaan yang rumit di Uruguay, Belize, Swiss, dan Inggris Raya.

Baik Messi maupun ayahnya dapat menghadapi hukuman empat tahun penjara jika dinyatakan bersalah, menurut hukum Spanyol. "Kami mempelajari bahwa tindakan ini dimulai oleh jaksa penuntut Spanyol melalui media. Ini sesuatu yang mengejutkan kami, sebab kami sama sekali tidak pernah melakukan pelanggaran," kata Messi.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement