Ahad 30 Jun 2013 05:29 WIB

Hari Ini Tahun 2002, Brasil Raih Piala Dunia Kelima

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
Skuat Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2002.
Foto: associationfootball.wikia.com
Skuat Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2002.

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini tepat 11 tahun lalu, 30 Juni 2002, Brasil menegaskan statusnya sebagai negara tersukses di olah raga si kulit bundar. Brasil meraih trofi kelima Piala Dunia, ajang paling bergengsi sepak bola sejagat. Brasil pun menjadi satu-satunya negara dengan koleksi trofi Piala Dunia terbanyak, lima gelar.

Tim Samba menghempaskan Jerman 2-0 dalam partai final yang digelar di Stadion Internasional Yokohama, Jepang. Ini merupakan pertemuan kedua tim sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Dua gol tim Selecao dicetak oleh mantan penyerang Barcelona, Ronaldo.

Penyerang yang mengoleksi tiga gelar pemain terbaik FIFA itu mengawali kemenangan Brasil dengan torehan gol pada menit ke-67. Ronaldo benar-benar menjadi kartu mati Jerman saat kembali mencetak gol, selang 12 menit setelah gol pertama. Lewat tendangan keras dari dalam kotak penatli, Ronaldo mampu menaklukan kiper Jerman, Oliver Kahn, pada menit ke-79.

Brasil pun mengangkat trofi kelimanya di ajang Piala Dunia yang pertama kali digelar di benua Asia tersebut. Piala Dunia 2002 memang seakan menjadi milik Brasil. Tim besutan Luiz Felipe Scolari itu pun membukukan rekor tidak pernah kalah, dengan menyingkirkan Inggris, Turki, dan Belgia, di fase knockout. Sementara, Jerman hadir di partai final setelah sempat ditahan imbang 1-1 Republik Irlandia di fase penyisihan grup.

Tidak hanya itu, dua gol yang dicetak Ronaldo di partai puncak itu juga mengantarkan mantan penyerang Real Madrid itu sebagai peraih sepatu emas turnamen. Sepanjang gelaran Piala Dunia 2002, Ronaldo berhasil mencetak delapan gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement