Senin 01 Jul 2013 12:14 WIB

Timnas U-19 Lebaran di Yogyakarta

Rep: Satria Kartika Yudha / Red: A.Syalaby Ichsan
Kostum tim nasional Indonesia
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Kostum tim nasional Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional sepak bola Indonesia U-19 mulai menggelar pemusatan latihan/ training center (TC) menjelang perhelatan AFF U-19, September mendatang.

Ada 35 pemain yang terpilih dari 89 pemain yang sebelumnya mengikuti seleksi. TC digelar di Wisma Universitas Negeri Yogyakarta mulai 1 Juli hingga 4 Agustus. Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri menjelaskan, TC akan dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama (1-13 Juli) dimulai dengan General Preparation yang lebih menekankan kepada kondisi fisik pemain.  "Jadi kita langsung gembleng fisik anak-anak," kata Indra kepada Republika, Senin (1/7).

Setelah itu pada 14 Juli - 6 Agustus atau yang merupakan tahap kedua, skuat Garuda Muda akan fokus ke pematangan strategi dan teknik bermain.

Indra mengatakan, sekitar 70 persen dari 35 pemain yang terpilih merupakan para pemain yang sebelumnya membawa timnas U-19 juara di turnamen invitasi Hong Kong 2013. Sehingga Indra mengaku tidak akan terlalu kesulitan mengembangkan pola permainan.

"Paling kita perlu meningkatkan dalam hal kecepatan," kata dia. Kemudian pada tahap terakhir, yakni 7 Agustus - 8 September, latihan sudah masuk untuk ke prakompetisi. Dimana semua materi akan terus dimatangkan.

Pada tahap terakhir ini, skuat timnas juga dikerucutkan menjadi 23 pemain. Karena tahap terakhir bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, maka pemain diliburkan terlebih dahulu selama satu minggu. Namun Gavin Kwan Adsit dan kawan-kawan menetap di Yogyakarta.

"Jadi mereka lebaran di Yogyakarta. Kami putuskan orang tua pemain yang kami undang untuk bersilaturahmi ke Yogyakarta. Pemain juga sudah setuju," kata dia.

Setelah itu, TC dilanjutkan di Surabaya. 13 UJI COBA Sebelum melakoni pertandingan AFF Cup pada 9-22 September di Surabaya, Jawa Timur, pasukan Indra Sjafri direncanakan melakoni 13 uji coba.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement