Selasa 02 Jul 2013 20:18 WIB

David Luiz Jadi Target Utama Muenchen

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
David Luiz
Foto: bbc.co.uk
David Luiz

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Penampilan gemilang David Luiz bersama tim nasional Brasil menarik perhatian Joseph Guardiola. Pelatih anyar Bayern Muenchen itu langsung menjadikan Luiz sebagai target utama pada bursa transfer musim panas ini. 

Aksi Luiz selama mengawal barisan pertahanan Brasil di Piala Konfederasi 2013 memang menimbulkan decak kagum. Puncaknya ketika ia melakukan penyelamatan gemilang pada partai final saat menggagalkan tendangan winger Spanyol, Pedro, yang nyaris berbuah gol karena sudah berada di mulut gawang. 

Seperti dilansir Daily Mirror, Selasa (2/7), Guardiola sudah menginstruksikan Direktur Olahraga Bayern Muenchen, Matthias Sammer untuk membuat penawaran resmi demi mendatangkan bek berambut keriting tersebut.

Ofisial Muenchen pun sudah mengontak agen Luiz untuk mengetahui minat sang pemain. Untuk memenuhi permintaan Guardiola, Muenchen dikabarkan sudah menyiapkan dana sebesar 35 juta pound (sekitar Rp 529 miliar). Dana ini akan melebihi ekspektasi Chelsea yang digadang membandrol Luiz dengan nilai 23 juta pound (Rp 347 miliar). 

Sejak masih menukangi Barcelona, Guardiola memang sudah lama mengagumi sosok Luiz. Namun, Luiz lebih memilih Chelsea ketika ia memutuskan untuk meninggalkan Benfica pada Januari 2011. Bagi Guardiola, Luiz adalah pilihan tepat untuk mempertebal barisan pertahanan Muenchen pada musim depan. Terlebih, tenaga Luiz dibutuhkan untuk menambal lubang pertahanan menyusul cedera panjang Holger Badstuber yang sudah absen kurang lebih 10 bulan. 

Sebagai pelatih anyar, Guardiola tak mau prestasi Muenchen di bawah pimpinannya menurun. Termasuk dalam hal barisan pertahanan. Maklum, musim lalu Muenchen menorehkan rekor dengan hanya kebobolan 18 gol di Bundesliga. Sosok Luiz digadang-gadang bakal cocok dengan skema 4-3-3 yang akan diterapkan Guardiola.

Muenchen tentu tidak sendirian dalam perburuan tanda tangan Luiz. Pemain berusia 26 tahun tersebut juga menjadi incaran Paris Saint Germain dan Barcelona. Paris Saint Germain membidik Luiz sebagai antisipasi kepergian Thiago Silva yang terus dikaitkan dengan Barcelona. Sementara Barcelona memang sedang mencari tenaga di lini belakang menyusul performa Carles Puyol yang cenderung menurun karena faktor usia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement