Selasa 09 Jul 2013 17:56 WIB

Abidal Kembali ke AS Monaco

Rep: reja irfa widodo/ Red: Taufik Rachman
Eric Abidal
Foto: guardian.co.uk
Eric Abidal

REPUBLIKA.CO.ID,MONACO -- Setelah mengumumkan akan menyudahi kiprahnya bersama Barcelona pada akhir musim lalu, Eric Abidal akhirnya memutuskan untuk kembali ke Prancis. Bek kiri berusia 33 tahun itu akan kembali memperkuat AS Monaco, klub profesional pertama yang dibelanya.

Abidal sempat menghabiskan delapan laga tim Monaco B, sebelum akhirnya diputuskan untuk langsung memperkuat tim utama Monaco pada 2000/01. Namun, kiprah Abidal di Monaco hanya bertahan selama dua musim. Abidal dilego ke Lille, dan akhirnya menuai sukses bersama Lyon, dengan mengantarkan los Gones menjuarai tiga gelar Ligue 1.

Kesuksesan terbesar di karier Abidal justru datang saat memperkuat Barcelona dari 2007 hingga 2013. Selama enam musim berseragam el Barca, Abidal berhasil mempersembahkan dua trofi Liga Champions, empat titel La Liga, dan dua kali menjadi kampiun Piala Dunia Antar Klub buat Blaugrana. Namun, kariernya sempat dititik nadir saat dirinya divonis menderita tumor hati pada 2011 silam.

Dengan dukungan dari rekan-rekan setimnya di Barcelona, dan keluarga, Abidal akhirnya mampu sembuh setelah mendapatkan donor hati dari sepupunya. Seiring dengan kesembuhannya, Abidal memutuskan untuk mengakhiri kiprahnya bersama El Barca pada akhir musim lalu.

'

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement