Jumat 12 Jul 2013 09:24 WIB

Pemain Kenya Pecahkan Rekor Transfer Southampton

Victor Wanyama
Foto: AP
Victor Wanyama

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Southampton menggaet pemain Glasgow Celtic asal Kenya, Victor Wanyama, pada Jumat. Perekrutan Wanyama tersebut mencatatkan rekor transfer tertinggi bagi klub Inggris itu yakni sebesar 12,5 juta pound.

Wanyama menyetujui kontrak empat tahun dengan klub Liga Primer setelah negosiasi panjang. Kedatangannya diyakini telah memecahkan rekor transfer sebelumnya ketika Southampton merekrut Gaston Ramirez dari Bologna tahun lalu.

Pemain berusia 22 tahun itu melampaui transfer Spartak Moscow saat membeli Aiden McGeady dari Celtic sebesar 9,5 juta pound tiga tahun lalu. Itu membuat Wanyama pemain paling mahal yang ekspor dari sepak bola Skotlandia.

Kontraknya juga mencatatkan biaya terbesar yang pernah terlibat dalam sepak bola Skotlandia dimana memecahkan rekor transfer klub asal Skotlandia Rangers sebesar 12 juta pound untuk membeli Tore Andre Flo.

Wanyama bermain di Celtic selama dua tahun. Sebelumnya ia membela klub Belgia Beerschot. Memilih kaos nomor 67, ia dengan cepat menjadi favorit penggemar.

Wanyama pemain yang bersinar di klub raksasa Glasgow Celtic. Penampilannya di Liga Champions memikat manajer Southampton, Maurico Pochettino.

"Saya sangat senang telah mengamankan penandatanganan Victor karena kita adalah pengagum bakatnya dan dia akan cocok untuk Southampton," kata Pochettino.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement