Sabtu 13 Jul 2013 19:09 WIB

Fulham Beralih Pemilik

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Shahid Khan
Foto: Fulham Chronicle
Shahid Khan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Setelah 16 tahun memiliki Fulham, pengusaha asal Mesir, Mohamed Al Fayed akhirnya melepas kepemilikan klub asal London tersebut. Pengusaha asal Amerika Serikat, Shahid Khan secara resmi menjadi pemilik baru the Cottagers.

Upaya Al Fayed untuk melepas Fulham sudah terjadi sejak beberapa bulan silam. Fayed pun sempat menawarkan perubahan utang-utang yang dimilikinya menjadi saham di Fulham. Akhirnya kesepakatan tercapai dengan Shahid Khan, akhir pekan ini.

Kabarnya, kesepakatan tersebut bernilai sekitar 200 juta pound (Rp 3 triliun). Angka ini sama dengan nilai yang dipinjamkan Fayed ke Fulham, sejak dia membelinya pada 1997. Rencananya, Khan akan diperkenalkan ke publik sebagai pemilik baru Fulham pada awal pekan depan.  

"Fulham telah berada di tangan yang tepat, orang yang sukses di bisnis dan memiliki hasrat yang besar untuk olah raga," kata Fayed seperti dikutip Guardian, Sabtu (13/7).

Khan tercatat sebagai pemilik klub anggota Liga Football Nasional (NFL) Amerika Serikat, Jacksonville Jaguars American Football. Kabarnya, pembelian Fulham ini merupakan salah satu strategi Khan untuk melebarkan jaringan Jaguars American Football.

Namun, Khan menolak jika pembelian the Cottagers hanya dilihat dari aspek bisnis. Pengusaha suku cadang mobil itu menyatakan, tidak mau disebut sebagai pemilik, melainkan penjaga the Cottagers. Selain itu, pengusaha yang disebut memiliki nilai kekayaan mencapai 1,7 milyar pound itu juga berniat meneruskan prestasi bagus Fulham di sepanjang kepemilikan Al Fayed.

"Kami akan mengelola keuangan klub dan aspek operasional dengan sangat hati-hati. Pembinaan pemain muda serta pembangunan komunitas adalah sisi fundamental dalam kebijakan Fulham di masa depan," lanjut Khan.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement