Kamis 18 Jul 2013 20:17 WIB

APPI: Indonesia Harus Manfaatkan Momen Kedatangan Klub Eropa

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Citra Listya Rini
Valentino Simanjuntak
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Valentino Simanjuntak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa klub besar Eropa melakukan tur pramusim ke Indonesia dan tampil dalam laga persahabatan. Tiga klub penghuni Liga Primer Inggris, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea memutuskan untuk memasukkan Indonesia dalam rangkaian tur pramusimnya.

CEO Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) Valentino Simanjuntak, mengatakan kedatangan klub-klub besar itu menjadi momen positif bagi persepakbolaan Indonesia. Salah satunya, tentu saja dari sisi pemain yang terpilih untuk bermain melawan tim-tim asal Eropa tersebut. 

"Tentu bisa mengukur level permainan kualitas dari pemain yang dipanggil itu," kata Valentino saat dihubungi Republika, Kamis (18/7).

Valentino juga menilai ada sisi positif lain dengan adanya pertandingan melawan klub asing. Pertandingan itu, ia katakan, bisa ditayangkan di negara klub tersebut. Sehingga, ada potensi para pemain Indonesia mendapatkan perhatian. 

Para pemain, menurut Valentino, juga bisa mengulik sisi positif dari pemain klub asing yang datang. Ia mengatakan, kedatangan klub asing itu bisa menjadi momen bagi pemain tanah air untuk mengetahui kondisi pemain profesional lain. 

Seperti kondisi para pemain itu atau pun masalah kontrak. Menurut dia, para pemain Indonesia bisa memanfaatkan momentum untuk mencari pengetahuan baru. 

Secara global, Valentino menilai, banyak sisi positif yang bisa diambil dengan kedatangan klub-klub ternama ke Indonesia. Hal ini, ia katakan, menunjukkan semakin tingginya kepercayaan sepak bola dunia. Dari sisi pasar, ia mengatakan, kedatangan klub asing ke Indonesia itu bisa menjadi jadwal tahunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement