Senin 22 Jul 2013 20:14 WIB

Puyol: Martino dan Enrique Cocok Untuk Barca

Carles Puyol
Foto: AFP
Carles Puyol

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Gerardo Martino dan Luis Enrique merupakan dua kandidat yang cocok untuk menggantikan Tito Vilanova sebagai pelatih Barcelona.

''Karena filosofi mereka cocok dengan gaya bermain sang juara Liga Spanyol,'' kata kapten Carles Puyol pada Senin.

Martino (50), saat ini melatih Newell's Old Boys untuk ke "final" di tanah kelahirannya Argentina. Enrique (43), mantan pemain Spanyol dan Barca yang bergabung dengan Celta Vigo pada bulan lalu. Keduanya menjadi sosok yang diunggulkan oleh media-media lokal.

Vilanova (44), terpaksa mengundurkan diri pada pekan lalu ketika ia meneruskan perawatan terhadap kanker tenggorokannya, yang membuat ia tidak akan mampu melanjutkan tugas-tugasnya.

Puyol berkata pada konferensi pers pasca pertandingan bahwa ia yakin direktur olahraga Andoni Zubizareta dan dewan klub akan menyewa pelatih yang mampu beradaptasi dengan etos penguasaan bola yang biasa dimainkan Barca. "Kami mengetahui karirnya, ia adalah pelatih yang sangat bagus," kata bek tengah itu mengenai Martino.

"Ia menyukai gaya bermain Barcelona," ucapnya. Puyol menambahkan penampilan Spanyol di perempat final saat melawan Paraguay yang dilatih Martino di perempat final Piala Dunia 2010, yang mereka menangi dengan skor 1-0, sebagai "pertandingan yang sangat berat, sangat sulit."

Mengenai Enrique, yang mungkin merupakan pilihan yang lebih kontroversial karena ia sempat bermain untuk rival abadi Barca, Real Madrid, Puyol berkata, "Semua orang tahu bahwa saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Luis."

Barca perlu sangat cermat untuk menunjuk suksesor Vilanova. Apalagi mereka berupaya meraih gelar Liga Spanyol kelimanya dalam enam tahun, dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement