Rabu 24 Jul 2013 14:15 WIB

Menebak Komposisi Pemain Racikan Rahmad Darmawan

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Rahmad Darmawan
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Rahmad Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada dua skema yang disiapkan pelatih Indonesia All Star Rahmad Darmawan untuk menghadapi Chelsea di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7). Skema 4-4-1-1 dan 4-1-4-1 jadi opsi juru taktik Arema Indonesia itu untuk meredam permainan The Blues yang diprediksinya bakal menerapkan formasi 4-2-3-1.

Hal itu diungkapkan secara langsung oleh pria yang akrab disapa RD usai memimpin latihan di GBK, Selasa (24/7) malam. Latihan itu digelar secara tertutup. Penonton dan media dilarang menyaksikan bagaimana RD meracik formasi timnya menjelang laga melawan Chelsea. Sesi wawancara dengan media hanya diperbolehkan pada 15 menit pertama dan sesuai latihan.

Republika yang menemukan akses masuk dari pintu VIP Timur GBK, melihat secara langsung bagaimana RD meracik komposisi timnya. Pada sesi latihan yang digelar sekitar pukul 20.45 WIB itu, RD membagi 21 pemain yang hadir ke dalam dua tim untuk menjalani gim kecil setengah lapangan. Tim merah berisikan 11 pemain dengan penjaga gawang Kurnia Meiga. 

RD juga memasang kuartet Hasim Kipuw, Hamka Hamzah, Victor Ignonefo dan Raphael Maitimo sebagai bek. Di lini tengah RD lebih dulu mencoba memadukan Ahmad Bustomi dan Rizky Pellu. Andik beroperasi di sayap kanan, Ferdinand Sinaga di sisi kiri. Sedangkan di lini serang RD mencoba memberikan kesempatan kepada Syamsir Alam untuk berada di belakang Greg Nwokolo. 

Tim merah ini yang kemungkinan besar menjadi gambaran komposisi pemain inti. Karena tim biru yang berisikan 10 pemain tanpa kiper, disimulasikan untuk memberikan tekanan, baik saat tim merah menyerang atau pun bertahan.

Beberapa pemain yang berada di tim biru antara lain M Taufik, Rasyid Bakri, Hendra Bayauw,  Agung Supriyanto, dan Titus Bonai. Setelah sekitar 20 menit, RD mencoba merotasi pemain. Andik digantikan Bayu Gatra, Ferdinand digantikan Hendra Bayauw, dan Syamsir Alam digantikan Titus Bonai.

Sementara kwartet Hamzah cs tidak diganti. Pun dengan Greg Nwokolo yang sepertinya akan menjadi tumpuan di lini serang. Dengan begitu, RD agaknya terlihat sudah yakin dengan komposisi di lini belakang serta posisi striker yang bakal dipercayakan kepada Greg. Namun perubahan tentu masih sangat mungkin terjadi, terutama di lini tengah dan sayap bila melihat dari sesi latihan terakhir. 

Prediksi Formasi: 

Indonesia: 4-4-1-1

Kurnia Meiga; Kipuw, Hamka, Igbonefo,Maitimo; Andik, Bustomi, Pellu, Ferdinand; Tibo; Greg.

Chelsea: 4-2-3-1

Cech; Ivanovic, Terry, Cahill, Cole; Essien, Ginkel; Ramires, Essien, Hazard; Demba Ba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement