Kamis 25 Jul 2013 16:48 WIB

AS Ditantang Panama di Final Piala Emas

Landon Donovan
Foto: AP/Mark J. Terrill
Landon Donovan

REPUBLIKA.CO.ID, ARLINGTON -- Landon Donovan mencetak dua gol ketika Amerika Serikat maju ke final Piala Emas CONCACAF untuk kelima kali secara beruntun setelah mengalahkan Honduras 3-1 pada Rabu (Kamis WIB).

Tim tuan rumah itu akan menghadapi Panama pada final Minggu di Soldier Field di Chicago. Panama melaju ke final dengan mengalahkankan juara bertahan dua kali, Meksiko, dengan skor 2-1 di semifinal lainnnya.

Kemenangan berturut-turut 10 kali bagi AS itu tidak lain diinspirasi oleh pemain depan Donovan yang telah mencetak tiga gol dan turut merancang empat gol lainnya pada dua pertandingan terakhirnya.

Meksiko mengalahkan AS pada dua final terakhir pada 2009 dan 2011. Namun, dengan penampilan AS saat ini, khususnya Donovan, memungkinkan mereka bakal mampu memperbaiki prestasi mereka di final.

Donovan membantu AS mengawali pertandingan semifinal di stadion Cowboy, Arlington, Texas, itu dengan baik ketika dia merancang gol pertama timnya yang dicetak Eddie Johnson pada menit ke-11. Dia sendiri kemudian menambah gol kedua bagi timnya pada menit ke-27.

Honduras mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-52 melalui gol yang dicetak oleh Nery Media. Namun, satu menit kemudian Donovan kembali menambah keunggulan untuk memastikan kemenangan AS 3-1.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement