Ahad 28 Jul 2013 04:19 WIB

The Blues Terus Buru Talenta Muda

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: M Irwan Ariefyanto
Chelsea
Chelsea

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Setelah sukses mendatangkan Marco Van Ginkel dan Andre Schurrle, Chelsea kini terus berburu tanda tangan pemain muda. Kali ini, the Blues dikabarkan tengah berusaha mendapatkan pemain bertahan asal Brasil, Doria.

Hingga pertengahan bursa trasnfer musim panas Eropa kali ini, Chelsea memang telah mendatangkan sejumlah penggawa baru. Namun, hampir semuanya adalah pemain-pemain dibawa berusia 25 tahun. Andre Schurrle, yang baru berusia 22 tahun, diboyong dari PSV Eindhoven. Kemudian, gelandang muda asal Vittese Arnheim, Marco Van Ginkel, pun resmi menjadi penggawa baru the Blues.

Terakhir, tim besutan Jose Mourinho tersebut sukses mendatangkan bek kiri muda asal Cili, Cristian Cuevas, yang baru berusia 18 tahun. Namun, upaya Chelsea untuk terus mendatangkan talenta muda sepertinya tidak berhenti sampai di sini.

Seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (27/6), tim asal London Barat itu disebut-sebut telah melayangkan penawaran terhadap bek tengah asal Brasil, Doria. Chelsea bahkan dikabarkan siap membayar nilai transfer sebesar 8,2 juta pound (Rp 129 miliar) kepada Botafogo, selaku klub pemilik bek tengah berusia 18 tahun tersebut.

Namun, keinginan Chelsea untuk bisa mendaratkan Doria sepertinya harus terkendala masalah nilai transfer. Presiden Botafogo, Mauricio Assumpcao, menegaskan hanya mau melepas Doria jika ada klub yang siap mengaktifkan klausul pembelian penggawa timnas Brasil U20 tersebut.

''Semua negosiasi soal Doria, tergantung dari kemauan klub peminat untuk membayar klausa pembelian Doria, sebesar 11 juta pound (Rp 173 miliar),'' ungkap Assumpcao seperti dikutip Daily Mail.

Penampilan apik Doria di lini belakang Botafogo memang telah menarik perhatian sejumlah klub-klub Eropa. Ketenangan dan kemampuan teknik Doria bahkan disebut-sebut seperti yang dimiliki oleh pemain bertahan Paris Saint Germain, Thiago Silva.

Keberhasilan Botafogo menjadi Campeonato Carioca, kompetisi tingkat regional di Brasil, menjadi bukti kesuksesan Doria di Botafogo. Selain itu, mampu tampil apik di 33 laga dan mencetak tiga gol buat Botafogo membuat Doria sempat dipanggil untuk memperkuat timnas senior Brasil. Untuk bisa mendapatkan tanda tangan Doria, Chelsea pun dikabarkan mesti bersaing dengan Tottenham Hotspurs, Juventus, AC Milan, dan Barcelona.

Mengumpulkan pemain-pemain muda sepertinya menjadi kebijakan transfer Chelsea di bursa transfer musim panas Eropa kali ini. Hal ini sedikit berbeda jika melihat kebiasaan Jose Mourinho dalam melakukan pembelian pemain. Mou cenderung dikenal sebagai pelatih yang gemar mendatangkan pemain bintang ataupun pemain yang sudah teruji, dalam setiap klub yang dibesutnya. Sebagai contoh, saat masih menukangi Real Madrid, salah satu pemain yang didatangkan Mou adalah Mesut Oezil, yang tampil apik di Piala Dunia 2010 bersama tim Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement