Senin 29 Jul 2013 13:48 WIB

Hari Ini, Irak Raih Trofi Piala Asia Pertama

Rep: Umi Lailatul Ahdiyah/ Red: Fernan Rahadi
Timnas Irak saat meraih gelar Piala Asia pertama tahun 2007 di Jakarta.
Foto: iraqsport.wordpress.com
Timnas Irak saat meraih gelar Piala Asia pertama tahun 2007 di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini, enam tahun yang lalu atau tepatnya 29 Juli 2007 menjadi momen tak terlupakan bagi pendukung setia tim nasional (timnas) Irak. Pada hari itu, untuk pertama kalinya, Irak mengangkat trofi gelar juara Piala Asia AFC 2007.

Irak berhasil meraih gelar juara perdananya di level Asia usai menundukkan Arab Saudi dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Gol semata wayang Lions of Mesopotamia itu dicetak oleh Younis Mahmoud pada menit ke-72.

Perjalanan tak mudah harus dilalui Irak sebelum lolos ke babak final. Pada babak kualifikasi grup, Irak tergabung di Grup A bersama Autralia, Thailand, dan Oman. Pada fase grup tersebut, Lions of Mesopotamia itu hanya meraih satu kali kemenangan dan dua kali seri hingga akhirnya lolos ke babak perempat final.

Di babak delapan besar itu, Irak sukses menudukkan tim Asia Tenggara Vietnam dengan skor 2-0. Selanjutnya, kemampuan Irak kembali diuji saat menghadapi raksasa Asia Korea Selatan di babak semifinal. Di luar dugaan, Irak sanggup mengatasi perlawanan negeri Gingseng lewat adu penalti dengan skor 4-3 hingga akhirnya lolos ke final Piala Asia dan meraih juara untuk pertama kalinya.  

Sayangnya kesuksesan itu tak berlanjut pada perhelatan piala Asia berikutnya. Pada Piala Asia 2011, Irak hanya lolos hingga babak perempat final.

Kesuksesan di Piala Asia juga tak berimbas pada penampilan mereka di Piala Dunia maupun Olimpiade. Prestasi terbaik negeri seribu satu malam itu pada kancah Piala Dunia yakni lolos ke babak pertama Piala Dunia 1986. Sementara prestasi terbaik pada kancah Olimpiade yakni meraih tempat keempat di Olimpiade 2004.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement