Sabtu 03 Aug 2013 20:24 WIB

RD Panggil Diego dan Okto

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Rahmad Darmawan
Foto: Republika/Prayogi
Rahmad Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diego Michiels dan Oktovianus Maniani kembali mendapat kepercayaan untuk mengenakan seragam timnas Indonesia. Keduanya masuk dalam daftar 30 pemain seleksi tahap ketiga timnas U-23 menjelang SEA Games 2013 Myanmar. Pelatih timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD) mengatakan, Diego dan Okto pantas untuk kembali dipercaya memperkuat timnas.

RD menilai kedua pemain itu punya potensi meski pun kerap bermasalah dengan kedisiplinan. Ia berharap  Diego dan Okto memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Karier Diego di timnas menurun drastis setelah mendekam di penjara selama 3,5 bulan akibat terlibat pemukulan di salah satu klub malam, akhir tahun lalu. 

Diego pun akhirnya dicoret dari skuat timnas yang sedang melakukan persiapan menjelang Piala AFF 2012. Setelah bebas dari penjara pada awal Maret, Diego sempat mendapat kepercayaan dari RD untuk mengikuti seleksi timnas menjelang laga kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi di Stadion GBK, 23 Maret. Namun Diego tak masuk dalam skuat final karena kondisi fisiknya dinilai masih lemah setelah menjalani masa tahanan. 

Kini, ujar RD, Diego sudah kembali ke performa terbaiknya. Alasannya karena bek naturalisasi asal Belanda tersebut mendapat banyak kesempatan bermain oleh Sriwijaya FC. "Performa Diego memang sempat menurun. Tapi Sriwijaya FC telah memberikannya kepercayaan sehingga dia bisa menemukan kembali permainan terbaiknya," kata RD, Sabtu (3/7). 

Bagi RD, Diego merupakan sosok yang dibutuhkan timnas. Bukan hanya tangguh dalam mengawal sisi kiri pertahanan, kekasih Nikita Willy itu juga dikenal sebagai pemain belakang yang cukup rajin dalam membantu serangan. "Saya ingin melihat Diego seperti yang dulu. Ini kesempatan dia," kata RD.

Sementara untuk Okto, dimasukan karena sudah memiliki pengalaman di SEA Games. "Pada SEA Games 2011, dia adalah pemain inti timnas. Saya harap permainannya lebih matang kali ini," ujar RD, Sabtu (3/8). 

Okto memang sempat bermasalah dengan kedisiplinan. Ia dicoret dari skuat timnas saat sedang melakukan persiapan menjelang laga melawan Arab Saudi karena mangkir dari latihan. Saat itu timnas masih dilatih Luis Manuel Blanco sebelum diambil alih oleh RD. 

Selain Diego dan Okto, RD juga  memanggil sejumlah pemain yang merumput di luar negeri. Seperti Syamsir Alam (DC United) dan tiga pemain CS Vise, yakni Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen, dan Abdurahman Lestaluhu. Seleksi tahap ketiga akan digelar di lapangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 11-17 Agustus. Pasukan RD akan melakukan dua uji coba pada seleksi tahap akhir ini. Pada 15 Agustus, skuat Garuda Muda akan melakoni uji tanding melawan Brunei Darussalam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. 

Satu hari berselang, Syamsir Alam dan kawan-kawan menantang PSS Sleman di tempat sama. Dari 31 pemain yang dipanggil, RD akan membaginya ke dalam dua tim untuk melakoni dua uji coba tersebut. Ini dilakukan agar semua pemain mendapat kesempatan untuk menunjukkan penampilan terbaiknya. "Sehingga saya bisa melakukan penilaian kepada para pemain yang dipanggil," tutur RD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement