Ahad 04 Aug 2013 03:56 WIB

Barca Lebih Pilih Agger Ketimbang Luiz?

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: M Irwan Ariefyanto
Daniel Agger
Foto: telegraph.co.uk
Daniel Agger

REPUBLIKA.CO.ID,BARCELONA -- Salah satu aspek yang disebut-sebut menjadi salah satu pekerjaan rumah Gerardo Martino pascaresmi menggantikan Tito Vilanova adalah memperbaiki lini belakang. El Barca pun dikabarkan tengah mendekati duo bek asal Liga Primer Inggris, David Luiz dan Daniel Agger.

Media asal Spanyol, Mundo Deportivo, Sabtu (3/8), menyebut, Barcelona tengah berusaha mendekati Luiz dan Agger. Barcelona bahkan dikabarkan telah memasuki tahap negosiasi terkait kemungkinan transfer kedua pemain bertahan tersebut. Keputusan tersebut diambil usai pemain incaran el Barca sebelumnya, Thiago Siva, memilih untuk bertahan dengan Paris Saint Germain.

Namun, jika berniat mendapatkan tanda tangan Luiz, maka Barcelona dikabarkan mesti merogoh kocek sedalam 40 juta euro (Rp 546 miliar). Sementara, harga untuk menebus Agger malah lebih murah lagi. Barcelona paling tidak hanya mengeluarkan nilai transfer sekitar 25 juta euro (Rp 314 miliar).

Upaya ini dilakukan Barcelona untuk mencari pengganti Carlos Puyol. Usia 35 tahun, buat seorang pemain bertahan, tentu bukan menjadi usia yang ideal. Tim asal Katalan itu akhirnya berniat mencari tandem baru buat Gerard Pique di jantung pertahanannya.

Kendati begitu, dari nama Luiz dan Agger, nama terakhir sepertinya dianggap lebih tepat untuk bergabung bersama el Barca. Media asal Spanyol, Sport, Sabtu (3/8), pun menyebut, Barcelona agaknya lebih memprioritaskan untuk mendapatkan tanda tangan Agger.

Secara ekonomi, pemain asal Denmark itu lebih murah ketimbang David Luiz. Sementara dari gaya permainan, Agger dianggap lebih mampu tampil sebagai bek tengah yang solid. Hal ini lantaran Agger jarang berganti posisi. Sementara di Chelsea, David Luiz kerap ditunjuk sebagai gelandang bertahan.

Selain itu, Agger lebih unggul dari segi kecepatan, dibanding Luiz. Tidak hanya itu, Agger, yang sering menggunakan kaki kiri, tentu dapat menjadi variasi di lini belakang Barcelona. Pasalnya, Gerard Pique, Carlos Puyol, dan Javier Mascherano, semua adalah pemain dengan kaki kanan yang lebih kuat. Namun, Agger juga memiliki kelemahan. Bek tengah berusia 28 tahun itu rentan mengalami cedera.

Sementara Presiden Barcelona, Sandro Rossel, menjanjikan akan mendatangkan pemain baru sebelum bursa transfer musim panas Eropa kali ini ditutup, pada 31 Agustus mendatang. Sebelumnya, Barcelona telah mendatangkan Neymar dari Santos dengan nilai transfer mencapai 57 juta euro (Rp 778 miliar).

''Kami akan terus memperkuat tim ini, dengan melakukan transfer yang sesuai dengan kondisi dan situasi kami. Tidak semuanya berjalan seperti yang kami harapkan, tapi target kami adalah membawa seorang pemain lagi sebelum 31 Agustus,'' tutur Rossel seperti dikutip Mundo Deportivo.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 8 7 0 1 25 16 21
2 Real Madrid Real Madrid 8 5 3 0 17 11 18
3 Villarreal Villarreal 8 5 2 1 17 2 17
4 Atletico Madrid Atletico Madrid 8 4 4 0 12 8 16
5 Athletic Club Athletic Club 8 4 2 2 12 4 14
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement