Selasa 06 Aug 2013 14:35 WIB

The Reds Siap Lepas Downing 5 Juta Pounds

Rep: Umi Lailatul/ Red: Mansyur Faqih
sayap liverpool stewart downing (kanan)
Foto: AP
sayap liverpool stewart downing (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Niat Liverpool untuk menjual gelandang sekaligus pemain sayap Stewart Downing tidak main-main. Klub berjuluk the Reds ini sudah siap melepas Downing seharga lima juta poundsterling. Nilai lima juta poudsterling sendiri sebenarnya jauh dari harga beli Downing saat didatangkan dari Aston Villa sebesar 20 juta poundsterling.

Namun, dengan menjual pemain bertinggi 180 cm itu dapat sedikit menguntungkan dari segi finansial Liverpool. Terlebih, gaji Downing termasuk cukup tinggi di antara para pemain Liverpool lainnya. Dengan menjual Downing, tentunya juga akan memudahkan sang pelatih Brendan Rodgers dalam meramu skuad di musim 2013/2014. 

Karena saat ini, Liverpool sudah memiliki banyak stok pemain yang dapat bermain di sektor sayap. Mulai dari Philippe Countinho, Raheem Sterling, Iago Aspas hingga Luis Alberto. Seperti dikutip Guardian, yang menjadi fokus Rodgers saat ini bukan sektor tengah, melainkan lini depan.

Rodgers ingin memperkuat lini depan dengan berbagai cara. Antara lain mempertahankan Luis Suarez, mendatangkan Luis Alberto hingga Iago Aspas. The Reds pun sedang membidik striker Atletico Madrid Diego Costa dan dikabarkan sudah menyiapkan dana senilai 22 juta poundsterling. 

Sayangnya, hingga saat ini, belum ada lampu hijau dari Atletico Madrid mau pun Costa. Costa sendiri mengaku betah bermain bersama Atletico. "Saya baik-baik saja. Saya senang di sini. Saya mengerti pelatih (Diego Simeone) tahu betul bagaimana mempertahankan skuad dengan baik," kata Costa seperti dikutip AS.com

Rumor bakal dijualnya Downing sebenarnya sudah lama bergulir. Peformanya yang kurang impresif pada musim lalu membuat Rodgers berniat menjualnya. Sejak didatangkan dari Aston Villa pada 15 Juli 2011, Downing gagal menunjukkan peforma terbaiknya. 

Dari 91 penampilan, pria kelahiran 22 Juli 1984 itu baru menyumbangkan tujuh gol dan 11 assists. Niat Liverpool untuk menjual Downing rupanya disambut baik Newcatle United. Kubu the Magpies bersedia menunggu dan menampung gelandang berusia 29 tahun itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement