Kamis 08 Aug 2013 21:06 WIB

Louis Saha Gantung Sepatu

Rep: Hafidz Muftisany/ Red: Mansyur Faqih
Louis Saha
Louis Saha

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Striker Prancis Louis Saha memilih pensiun dari karier sepak bola tepat pada ulang tahunnya yang ke-35, Kamis (8/8). Saha mengucapkan salam perpisahan dalam karier profesionalnya lewat akun Twitter. "Terima kasih untuk semua pelatih, staf, rekan tim, fans untuk dukungan selama karir sepakbolaku," ujar Saha seperti dinukil dari laman resmi FIFA.

Saha sempat mencapai puncak karier saat membela Fulham di Liga Inggris sebelum Manchester United memboyongnya ke Old Trafford. Selepas membela MU, karier Saha mulai meredup. Ia sempat berpetualang di Everton, Tottenham Hotspur, Sunderland dan mengakhiri perjuangan di Serie A bersama Lazio.

"Saya bangga dengan capaian saya. Tapi tanpa dukungan kalian aku tak pernah akan jadi seperti sekarang," ujar pemilik 20 caps bersama Timnas Prancis dengan lesakan empat gol.

Saha nampaknya menyadari sekarang saat yang tepat untuk gantung sepatu. Ia berharap banyak pemain muda bertalenta yang akan bermunculan. Saha mengawali karier profesional di Liga Prancis bersama Metz pada 1997. Ia kemudian dipinjamkan ke Newcastle United di pertengahan musim berikutnya. 

Namun justru Fulham yang mempermanenkan jasanya di musim panas 2000. Bersama Fulham, Saha mencetak 64 gol dari 144 penampilan. Moncernya Saha membuat MU rela merogoh kocek 12,8 juta Pounds untuk mendatangkan pria Prancis itu. Ia berhasil memikat fans MU dengan torehan 42 gol dalam 124 pertandingan dalam empat musim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement