Sabtu 17 Aug 2013 21:29 WIB

RD Lirik Stefano Lilipaly

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Stefano Lilipaly
Foto: Republika/Yasin Habibi
Stefano Lilipaly

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tugas berat menanti gelandang naturalisasi asal Belanda, Stefano Lilipaly. Mulai saat ini, Lilipaly bakal terus mendapat kepercayaan untuk membela tim nasional sepak bola Indonesia, baik senior mau pun U-23. 

Penampilan Lilipaly dalam debutnya bersama timnas senior rupanya menarik perhatian pelatih timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD). RD mengatakan bakal memasukkan nama gelandang naturalisasi asal Belanda tersebut ke dalam daftar 30 pemain skuat Garuda Muda untuk menjalani pemusatan latihan jangka panjang menjelang perhelatan SEA Games 2013 di Myanmar. 

Sebanyak 70 pemain sudah mengikuti seleksi hingga tahap ketiga, Agustus ini. RD bakal segera merampingkan skuat menjadi 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan yang rencananya digelar pada pertengahan September. "Saatnya merampingkan skuat,"  kata RD. 

Setelah menjalani serangkaian uji coba, RD mengaku masih butuh tambahan pemain. Ia tak menutup kemungkinan untuk memasukkan nama baru meski pun sang pemain belum mengikuti seleksi. RD pun menyebut Lilipaly merupakan sosok yang dibutuhkan timnas U-23. 

Lilipaly memang belum pernah masuk dalam daftar seleksi timnas U-23. RD beralasan itu lantaran laga-laga uji coba yang dilakoni Garuda Muda tidak masuk dalam kalender FIFA. Alhasil RD pun kesulitan memeroleh izin dari klub Lilipaly, Almere City. 

RD mengatakan Lilipaly adalah satu-satunya nama yang belum kesampaian untuk diseleksi. "Sekarang kami akan terus berkomunikasi dengan timnya untuk memanggil Lilipaly bergabung latihan menjelang SEA Games," RD menambahkan. 

Lilipaly baru saja menjalani debutnya dengan manis bersama timnas senior saat membungkam Filipina dengan skor dua gol tanpa balas di Stadion Manahan, Solo, Rabu (14/8) malam. Ia menciptakan satu assist atas gol pembuka yang diciptakan Greg Nwokolo pada menit ke-31. 

Namun, RD juga tak menjamin Lilipaly bakal masuk ke dalam skuat final. Sebab, dari 30 pemain yang dipanggil nantinya, skuat akan kembali dirampingkan menjadi 20 pemain. 

RD masih enggan menyebut siapa pemain lain yang bakal masuk dalam daftar 30 pemain. Namun ia sedikit memberi bocoran. Kemungkinannya, kata RD, adalah pemain-pemain yang sebelumnya juga dipanggil timnas senior dalam beberapa laga uji coba. "Kan lucu kalau pemain itu dipanggil di timnas senior, tapi di timnas U-23 tidak," canda RD. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement