Senin 19 Aug 2013 19:04 WIB

Wasit Pertandingan Persebaya Vs Biak Dianiaya Penonton

Para pemain Persebaya Divisi Utama.
Foto: ligaindonesia.co.id
Para pemain Persebaya Divisi Utama.

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Wasit Jusman R dari Pengcab PSSI Enrekang, Sulawesi Selatan, yang memimpin pertandingan Persebaya Surabaya melawan tuan rumah PSBS Kabupaten Biak Numfor, Papua, dipukul dan dianiaya oleh penonton di Stadion Cenderawasih, Senin (19/8) sore.

Karena sempat terjadi aksi pemukulan terhadap Jusman R, aparat keamanan langsung mengamankan wasit dan asistennya di lapangan guna mencegah amuk massa penonton PSBS Biak.

Penonton merasa kecewa terhadap kepemimpinan wasit Jusman dalam pertandingan lanjutan 12 besar Divisi Utama itu, sehingga seusai laga massa menyerangnya dan sempat melakukan pemukulan.

Sedikitnya 50 aparat keamanan dari Polres Biak Numfor yang dipimpin Kepala Bagian Operasi Kompol M. Syafei AB melakukan pengamanan pagar betis terhadap perangkat pertandingan yang dipimpin wasit Jusman R.

Hal itu guna mencegah berlanjutnya aksi pemukulan yang dilakukan oleh massa penonton yang tidak puas terhadap kepemimpinan wasit tersebut. Selama sekitar satu jam seusai memimpin pertandingan, wasit Jusman tertahan di dalam Stadion Cenderawasih, karena pintu keluarnya penuh oleh massa pendukung tuan rumah PSBS Biak.

Setelah tertahan sekitar satu jam, sekitar pukul 18.30 WIT wasit Jusman R berhasil keluar dari Stadion Cenderawasih, setelah mendapat pengawalan oleh puluhan aparat kepolisian dari Polres Biak Numfor dan panitia pertandingan menuju Markas Polsek Biak yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi pertandingan.

"Wajar saja penonton kecewa terhadap kinerja wasit Jusman karena setiap keputusannya selalu berbau kontroversi, sehingga memancing kemarahan penonton," ungkap Mansar Yeninar, salah seorang penonton.

Hingga pukul 19.00 WIT situasi keamanan di kawasan Stadion Cenderawasih sudah dapat dikendalikan oleh aparat Polres Biak Numfor setelah wasit Jusman R diamankan ke Mapolsek Biak Kota.

Hasil pertandingan Persebaya Surabaya melawan PSBS Biak berakhir imbang dengan skor 1-1 sehingga klub berjuluk "Bajul Ijo" itu tetap memimpin kelasemen grup B dengan nilai delapan dari empat kali laga.

Sementara tuan rumah PSBS Biak berada di posisi kedua dengan nilai tujuh dari dua kali menang, serta masing-masing sekali kalah dan seri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement