Kamis 22 Aug 2013 06:45 WIB

Kemenangan Penting Arsenal

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Mansyur Faqih
Arsene Wenger
Foto: AP/Bogdan Maran
Arsene Wenger

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Arsenal sukses meraih kemenangan penting melawan Fenerbahce 3-0 di laga play off perdana Liga Champions di Şükrü Saracoğlu Stadium, Istanbul, Kamis (22/8) dini hari WIB. Tiga gol tim tamu semua dicetak pada babak kedua oleh Kieran Gibbs (menit ke-51), Aaron Ramsey (64), dan Olivier Giroud (77).

Hasil tersebut membuat langkah the Gunners lolos ke babak utama Liga Champions sangat terbuka lantaran laga kedua dihelat di Emirates Stadium. Kemenangan itu terasa penting untuk memulihkan semangat Arsenal setelah ditaklukkan Aston Villa di laga pembuka Premiere League 1-3 pada akhir pekan lalu.

Manajer Arsenal Arsene Wenger menyambut baik kemenangan dalam lawatannya ke Turki. Ia percaya, anak asuhnya sudah bermain dengan cukup bagus. Meski sangat tidak senang dengan atmosfer stadion, para pemainnya bisa mengatasi tekanan itu dengan bermain secara proaktif sejak menit pertama.

Ia mengklaim, timnya menunjukkan kekuatan mental yang sempurna. Hanya saja, raihan positif itu harus didapat dengan mengorbankan Laurent Koscielny yang terkena cedera sehingga harus dibawa ke rumah sakit. "Tentu saja sangat penting pada malam ini. Kami tidak gemetar. Tapi secara keseluruhan kami mendominasi permainan," katanya dikutip laman resmi klub.

Menurut Wenger, skuatnya sempat kesulitan pada babak pertama. Namun karena menjalankan instruksinya dengan benar dengan bermain sesuai dengan keinginan Arsenal bisa membuat perbedaan dibanding tuan rumah. Secara khusus, ia memberi kredit kepada Aaron Ramsey yang ditetapkan sebagai pemain terbaik di laga itu. "Dia bermain luar biasa. Saya pikir, semua gelandang kami bermain bagus," katanya.

Pelatih Fenerbahce Ersun Yanal mengakui kekalahan lawan Arsenal disebabkan pemainnya tidak bermain maksimal. Meski peluangnya lolos sangat berat, ia tidak menyerah. Segala kemungkinan masih bisa terjadi di kandang Arsenal. Untuk itu, ia berharap skuatnya bisa tampil lebih baik demi menutupi performa sekarang.

Di laga lainnya, Dinamo Zagreb harus menunai hasil buruk di depan publiknya sendiri. Klub raksasa Kroasia itu harus menelan kekalahan 0-2 atas Austria Wen. Kekalahan tim tuan rumah disebabkan gol Marin Leovac pada menit ke-68, dan gol Marco Stankovic selang tujuh menit kemudian.

Dari lima pertandingan yang dihelat, tercipta tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Uniknya, tidak satu klub pun yang bertindak sebagai tuan rumah sukses meraih kemenangan. Sebaliknya, justru tiga di antaranya harus berakhir dengan kekalahan.  

Hasil Liga Champions

- Fenerbahce 0-3 Arsenal (Gibbs 51, Ramsey 64, Giroud 77)

- Dinamo Zagreb 0-2 Austria Wen (Leovac 68, Stankovic 75)

- Ludogorets Razgrad 2-4 Basel (Razgrad: Nascimento 23, SToyanov 50, Basel: Moh.Salah 12, 59, Sio 64, Schar 84 (pen)

- Shalke 04 1-1 PAOK (Shalke: Farfan 32, PAOK: Stoch 73)

- Steaua Bucaresti 1-1 Legia Warszawa (Steaua: Piovaccari 34, Legia: Jakub Kosecki 53)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement