Kamis 29 Aug 2013 16:45 WIB

Hattrick Tercepat Liga Primer Inggris

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Didi Purwadi
Robbie Fowler
Foto: AP/Adam Butler
Robbie Fowler

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pada 28 Agustus 1994, Robbie Fowler mencetak hattrick tercepat dalam sejarah Liga Primer Inggris. Fowler yang ketika itu masih berusia 19 tahun berhasil menyarangkan tiga gol ke gawang Arsenal.

Fowler bergabung dengan tim senior Liverpool pada 1993 dan cepat memposisikan dirinya sebagai pencetak gol berbakat dengan 18 gol dalam 34 penampilan di musim pertama.

Bermain di hadapan 30 ribu pendukungnya di Anfield, Fowler mencetak gol pembuka di menit ke-26 dengan memanfaatkan kegagalan bek Arsenal, Martin Keown, yang tak bisa menerima umpan dari tendangan bebas. Bola jatuh ke kaki Fowler dan langsung ditembakkan ke arah gawang dari jarak delapan meter.

Striker the Reds tersebut harus berusaha ekstra keras untuk menciptakan gol kedua tiga menit kemudian.Tapi, gol terbaiknya saat itu adalah gol terakhir yang dicetak pada menit ke-31.

Kiper Arsenal, David Seaman, berusaha untuk menghadang bola. Namun, dia malah bertabrakan dengan Keown. Melihat kesempatan tersebut, Fowler langsung menembakkan bola ke arah gawang melalui celah sempit dan memastikan kemenangan untuk timnya.

Secara keseluruhan, selisih waktu dari gol pertama sampai ketiga hanya empat menit 33 detik. Sebelumnya telah ada pemain lain yang mencetak hat trick cepat hanya dalam waktu 90 detik yakni Tommy Ross dari klub asal Skotlandia Ross Country pada 1964.

Akan tetapi, Fowler masih tercatat sebagai pencetak hattrick tercepat dalam sejarah Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement