Selasa 03 Sep 2013 14:20 WIB

10 Transfer Teratas Liga Primer Inggris

Gareth Bale
Foto: EPA/Kerim Okten
Gareth Bale

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Klub Liga Utama Inggris menghabiskan uang sebesar 500 juta punds (780 juta dolar Amerika Serikat) untuk mendatangkan pemain baru jelang penutupan jendela transfer. Sebuah rekor untuk Liga Utama Inggris.

Seperti dikutip AFP pada Selasa (3/9), ada 10 transfer terbesar yang melibatkan klub-klub Inggris sejak akhir musim 2012-2013.

Berikut 10 daftar transfer tertinggi di Liga Primer Inggris (semua biaya transfer seperti yang dilaporkan oleh media Inggris):

01. Gareth Bale (Tottenham Hotspur ke Real Madrid, 77-86 juta pounds)

02. Mesut Ozil (Real Madrid ke Arsenal, 42,4 juta pounds)

Seiring kedatangan Bale ke Real Madrid, klub raksasa Spanyol itu menjual gelandang Mesut Ozil ke klub Liga Primer Inggris Arsenal. Pelatih Arsene Wenger telah dikritik oleh pendukung Arsenal karena keengganannya menghabiskan uang untuk pemain baru dalam beberapa tahun terakhir.

Tapi, ia kini memecahkan rekor transfer klub untuk membawa playmaker berbakat Ozil ke Emirates Stadium.

03. Erik Lamela (AS Roma ke Tottenham Hotspur, 30 juta pounds)

Setelah mendapatkan tempat di Liga Champions musim lalu, Spurs menghabiskan sekitar 110 juta pounds untuk tujuh pemain. Itu termasuk pemain baru ketiga, Lamela, yang memecahkan rekor transfer klub.

Penyerang timnas Argentina itu menggiring bola sangat baik dengan kaki kanan maupun kirinya. Dia diharapkan bisa mengisi peran Bale.

04. Willian Borges da Silva (Anzhi Makhachkala ke Chelsea, 30 juta pounds)

Tottenham juga berharap untuk menambahkan pemain timnas Brasil, Willian, ke tim mereka. Tapi, setelah menyelesaikan tes medis di klub, kepindahan Willian ke White Hart Lane dibajak oleh pelatih Chelsea, Jose Mourinho.

Gelandang serang dengan potongan rambut afro itu mencetak dua gol saat Shakhtar Donetsk melawan Chelsea di Liga Champions musim lalu. Willian meninggalkan Anzhi sebagai bagian dari rencana penjualan oleh pemilik klub Rusia tersebut Suleiman Kerimov.

05. Fernandinho (Shakhtar Donetsk ke Manchester City, 30 juta pounds)

Fernandinho tiba di Inggris dua bulan sebelumnya setelah penandatanganan kontrak Manchester City. Gelandang berusia 28 tahun itu diharapkan dapat bekerja sama dengan pesepakbola asal Pantai Gading, Yaya Toure, di lini tengah City.

06. Marouane Fellaini (Everton ke Manchester United, 27,5 juta pounds)

Pelatih baru Manchester United, David Moyes, akhirnya memilih Fellaini setelah target pemain yang diburunya ditolak. Pemain berusia 25 tahun itu akan membawa kekuatan dan 'udara segar' di lini tengah United.

07. Roberto Soldado (Valencia ke Tottenham Hotspur, 26 juta pounds)

Setelah mencetak lebih dari 25 gol dalam tiga musim berturut-turut bersama Valencia, Soldado mengambil risiko dengan pindah ke Inggris untuk mendapatkan tempat di tim inti Spanyol di Piala Dunia tahun depan. Ia telah membuat penampilan awal yang meyakinkan di London utara dengan mencetak gol kemenangan dari titik penalti pada dua pertandingan Liga Utama Inggris.

08. Stevan Jovetic (Fiorentina ke Manchester City, 22 juta pounds)

Jovetic didatangkan City untuk mendukung lini depan semenjak kepergian Mario Balotelli dan Carlos Tevez.

09. Alvaro Negredo (Sevilla ke Manchester City, 20 juta pounds)

Negredo bergabung dengan Manchester City setelah empat musim mengesankan dengan Sevilla. Pemain berusia 28 tahun itu mencetak gol pertamanya untuk City dengan sundulan di menit akhir saat timnya kalah 3-2 di Cardiff City.

10. Andre Schuerrle (Bayer Leverkusen ke Chelsea, 18 juta pounds)

Pemain timnas Jerman, Schuerrle, bergabung dengan Chelsea pada Juni. Pesepakbola berusia 22 tahun itu bisa bermain di beberapa posisi di garis depan dan telah digunakan sebagai penyerang tunggal saat Chelsea bermaing imbang 0-0 melawan Manchester United di Old Trafford.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement