Jumat 06 Sep 2013 07:00 WIB

Hari Ini Laga Perdana di Stadion Highbury

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Hafidz Muftisany
Stadion Highbury
Foto: arsenal.com
Stadion Highbury

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pada 6 September 1913 menjadi hari bersejarah bagi stadion pertama Arsenal, Highbury. Pada saat itu Arsenal berhasil mengalahkan Leicester Fosse 2-1 dalam laga perdana Divisi Kedua musim 1913-1914, sekaligus pertandingan pertama di Stadion Highbury.

Dalam pertandingan tersebut, Tommy Benfield menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Highbury untuk Leicester. Kemudian, gol tersebut dibalas lewat tendangan dari George Jobey yang merupakan pemain Arsenal pertama yang mencetak skor di kandang sendiri.

Highbury dirancang oleh seorang arsitek terkenal, Archibald Leitch dengan memakan biaya sebesar 125 ribu poundsterling. Desain asli Leitch mencakup bangunan sisi timur dengan beranda yang membelok di ketiga sisi lainnya.

Stadion ini didesain ulang sebanyak dua kali yakni pada 1930 dan 1992. Renovasi pertama menambah bangunan di sisi barat dan menutup atap tribun, sedangkan renovasi yang kedua lebih berat karena adanya musibah Hilsborough.

Pertandingan terakhir di Highbury dimainkan para 7 Mei 2006, ketika itu Arsenal memetik kemenangan 4-2 atas Wigan dalam Liga Primer Inggris. Kemudian, the Gunners pindah ke Stadion Emirates pada musim 2006-2007. Selama lebih dari satu dekade, Highbury tercatat telah menggelar 2.101 pertandingan. Stadion tersebut juga pernah difilmkan dengan judul The Arsenal Stadium Mystery (1939) dan Fever Pitch (1997).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement