Jumat 06 Sep 2013 14:34 WIB

FIFA: Pengaturan Skor Ancam Sepak Bola

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wasit mengacungkan kartu merah
Foto: mirrorfootball.co.uk
Wasit mengacungkan kartu merah

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menyatakan, praktik pengaturan skor semakin mengancam sepak bola. Menurut FIFA, praktik tersebut sudah menyebar dalam skala global.

"Manipulasi pertandingan adalah ancaman global bagi sepak bola. Kami mengidentifikasi adanya aksi kriminal terorganisir pada level internasional," kata Direktur Keamanan FIFA Ralf Mutschke seperti dilansir Soccerway, Jumat (6/9).

Belum lama ini, empat klub di Nigeria terbukti terlibat dalam pengaturan skor. Manipulasi tersebut menghasilkan laga dengan skor 79-0 dan 67-0. Empat klub tersebut kemudian dihukum skorsing selama 10 tahun.

"Kelompok mafia pengaturan skor tersebut terdeteksi di empat benua, Amerika, Afrika, Asia, dan Eropa. Kami mendeteksi jejak mereka di lebih dari 60 negara," imbuh Mutschke.

Meski demikian, Mutschke mengatakan bahwa FIFA memiliki sumber daya untuk memerangi ancaman tersebut. Ia menjelaskan, FIFA saat ini tengah mendesain mekanisme deteksi untuk mengidentifikasi pertandingan-pertandingan yang mencurigakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement