REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Seiring perubahan zaman, sepak bola ternyata turut berkembang bukan hanya sebagai sebuah olahraga ataupun permainan. Namun juga bisa menjadi sebuah industri. Ketika itulah peran sponsor menjadi salah satu elemen penting guna mendongkrak finansial klub.
Pantas lah rasanya, jika para klub-klub besar di dunia berlomba-lomba demi mendapat suntikan dana dari sponsor kelas kakap dunia. Namun, La Blaugrana justru memilih hal berbeda.
Sejak berdiri pada 1899, jersey Barca selalu bersih dari nama perusahaan atau sponsor yang biasa terpampang di bagian dada. Klub katalan itu memang tipe klub konservatif yang menjaga tradisi, sama seperti kebanyakan klub-klub Spanyol. Mereka memiliki kebanggan kala tetap menjadi klub kompetitif dunia meski tanpa embel-embel nama sponsor di jersey.
Sebuah langkah besar dilakukan Barca pada tujuh tahun lalu atau tepatnya 7 September 2006. Rival abadi Real Madrid itu menjalin kerja sama selama lima tahun dengan UNICEF. Tujuannya untuk mempromosikan amal.
Barca memasukkan nama dan logo salah satu badan PBB yang menangani masalah anak-anak itu dalam jersey klub. Tak hanya itu, La Blaugrana juga memberikan sumbangan 0,7 persen dari total pendapatan tahunan klub untuk badan tersebut.
Dalam kerja sama itu, sebenarnya Barca berperan sebagai sponsor dan bukan pihak yang disponsori. Itu termasuk hal langka dan hanya segelintir klub yang melakukannya. Selain Barca, ada klub asal Swedia Hammarby IF pada 2007 dan klub Denmark Brondby IF pada 2008 yang juga menjalin kerja sama dengan UNICEF.
Sementara klub Inggris, Aston Villa, memilih menjalin kerja sama dengan organisasi amal Acorns Childrens Hospice pada musim 2008/2009.
Namun seiring berjalannya waktu, Barca akhirnya di bawah kepresidenan Sandro Rosell mengumumkan kerja sama sponsorship dengan Qatar Foundatinon pada 10 Desember 2010 lalu. Kerjasama ini berlaku dari tanggal 1 Juli 2011 hingga 20 Juni 2016.
Qatar Foundation sendiri merupakan sebuah lembaga di negara Qatar yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan kemanusiaan. Kerja sama ini mewajibkan Barca memasang nama Qatar Foundation di jersey mereka dengan nilai kontrak 150 juta euro selama lima tahun dengan tambahan lima juta euro jika juara.
Namun demikian, hal ini tak lantas mematikan kerjasama yang sebelumnya terjalin dengan UNICEF.